Penulis Utama : Aminah Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0415011
Tahun : 2020
Judul : Peran Sosial Keagamaan Madrasah AliyahNegeri (MAN) 1 Surakarta Terhadap Masyarakat Kota Surakarta Tahun 1967-2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Kolasi : 125 p. ; ilus. ; tab. ; bib. ; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Sejarah-B0415011-2020
Subyek : SOSIAL KEAGAMAAN ; SOSIAL ; AGAMA ; SOSIAL KEMASYARAKATAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) latar belakang berdirinya Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta, (2) perkembangan Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta Tahun 1967 – 2015, (3) peranan Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta terhadap masyarakat Surakarta.  Sesuai dengan tujuan dari penelitian ini, maka metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah analisis deskriptif yaitu Heuristik, Kritik Sumber (Kritik Intern dan Kritik Ekstern), Interpretasi data dan tahap terakhir yaitu Historiografi. Sumber penelitian ini didapatkan dari wawancara, studi dokumen dan studi pustaka.
Penelitian ini bersifat kualitatif yang terwujud dalam bentuk laporan penulisan bersifat deskriptif analisis yang berusaha mendeskripsikan serta menganalisis setiap kondisi dan kegiatan yang berkaitan dengan perkembangan Madarsah Aliyah Negeri 1 Surakarta Tahun 1967-2015. 
Berdasarkan analisis dari berbagai sumber yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta merupakan salah satu dari tiga Madrasah Aliyah yang pertama kali diberikan status negeri oleh pemerintah, dan juga merupakan madrasah aliyah negeri pertama di Surakarta. Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta mengalami perkembangan yang cukup signifikan berkat dukungan pemerintah melalui Departemen Agama. Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta selalu berusaha meningkatkan mutu pendidikannya dengan mengikuti perkembangan zaman dan teknologi. Madrasah Aliyah negeri 1 Surakarta juga bergerak dalam bidang keagamaan dan sosial masyarakat. Berbagai kegiatan yang diadakan oleh madrasah selalu mendapatkan respon positif dari masyarakat Surakarta, hal ini dapat dilihat dari keikutsertaan masyarakat selama kegiatan berlangsung. Kegiatan dalam bidang keagamaan dan sosial masyarakat merupakan penerapan dari ilmu yang diperoleh dari proses belajar mengajar di sekolah.

Kata kunci : Madrasah Aliyah, Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta, Peran Sosial  Keagamaan. 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
Persetujuan Upload.jpg
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudarno, M.A.
2. Drs. Suharyana, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya