Penulis Utama : Ervan Johan Wicaksana
NIM / NIP : S831508063
×

Tujuan penelitian ini untuk: 1) mengetahui karakteristik modul pembelajaran cara penanganan limbah berbasis project based learning dalam meningkatkan vocational skill siswa SMK; 2) menguji kelayakan modul pembelajaran cara penanganan limbah berbasis project based learning untuk meningkatkan vocational skill siswa SMK, dan 3) mengetahui keefektifan modul pembelajaran cara penanganan limbah berbasis project based learning untuk meningkatkan vocational skill siswa SMK.

Penelitian ini termasuk jenis research dan development (R&D). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian Sampel penelitian diambil dari SMKN 1 Paron Kabupaten Ngawi sebanyak 2 kelas. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif kualitatif, analisis statistik deskriptif dan uji t.

Hasil penelitian didapatkan bahwa karakteristik modul pembelajaran cara penanganan limbah berbasis project based learning dalam meningkatkan vocational skill siswa SMK yaitu berperan dalam meningkatkan kreatifitas berpikir, pemecahan masalah dan interaksi antara siswa dengan siswa untuk menciptakan dan menggunakan pengetahuan baru dalam hal ini adalah pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mengolah limbah menjadi suatu produk yang memiliki nilai ekonomis yang nantinya akan bermanfaat bagi siswa di kemudian hari. Modul pembelajaran ini layak untuk diterapkan secara luas karena terbukti efektif dalam meningkatkan vocational skill siswa SMK.

Kata kunci: modul, project based learning, vocational skill

×
Penulis Utama : Ervan Johan Wicaksana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831508063
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan modul pembelajaran cara penanganan limbah berbasis project based learning untuk meningkatkan vocational skill siswa SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Magister Pendidikan Biologi-S831508063-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Maridi, M.Pd.,
2. Prof. Drs. Sutarno, M.Sc. Ph.D.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.