Penulis Utama : Rika Wulandari
NIM / NIP : R0016087
×

ABSTRAK

Latar Belakang : PT. Kudos Istana Furniture adalah perusahaan yang bergerak pada bidang manufaktur atau mebel dimana memproduksi barang-barang furniture, seperti kursi, meja, lemari dan sebagainya. Pada gedung rough mill merupakan gedung utama proses produksi dari proses tersebut terdapat banyak potensi bahaya. Menurut hasil wawancara yang telah dilakukan pada gedung rough mill merupakan gedung yang banyak terjadi kecelakaan kerja dan pada hasil observasi masih banyak pekerja tidak memakai APD saat bekerja. Sehingga perlu di lakukan penelitihan mengenai pengetahuan K3. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengetahuan K3 sesudah dan sebelum penyuluhan.

Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional Pengambilan sampel dengan teknik total sampling sebanyak 30 responden.Variabel bebas disini adalah penyuluhan dan variabel terikat pengetahuan K3 pekerja pada bagian gedung rough mill. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dengan metode univariat dan bivariat dengan uji simple paired T-tes .

Hasil : Hasil penelitian didapatkan ada perbedaan pengetahuan K3 setelah diberikan penyuluhan dengan p-value sebesar 0,002 ? 0.05. Hal ini menunjukkan  bahwa ada perbedaan antara pengetahuan saat dilakukan penyuluhan sebelum dan sesudah penyuluhan K3.


Simpulan : Berdasarkan penelitian menyatakan ada perbedaan pengetahuan K3 harian di gedung rough mill dengan hasil p-value sebesar 0,002 (sebelum dan sesudah pengetahuan K3) atau < 0>

Kata kunci : Pengetahuan K3, Penyuluhan sebelum dan sesudah.

 

×
Penulis Utama : Rika Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016087
Tahun : 2019
Judul : Perbedaan Pengetahuan K3 Pekerja Harian Pada Bagian Rough Mill Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Tentang Pelaksanaan K3 Di Pt. Kudos Istana Furniture Kudus, Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran-Jur. Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0016087-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Seviana Rinawati, SKM. M.Si
2. Dra. Sri Haryati, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.