Penulis Utama : Sintia Editya Monalisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9414051
Tahun : 2017
Judul : Pelayanan saat breakfast di Crystal Sapphire Restaurant terhadap tingkat kepuasan tamu di Hotel Best Western Premier Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu dan Budaya - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu dan Budaya Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-C9414051-2017
Subyek : PELAYANAN SAAT BREAKFAST
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Hotel Best Western Premier Solo Baru merupakan salah satu hotel berbintang 5 (lima) dengan rafting terbaik di Solo yang berada di antara Kota Solo dan Kota Sukoharjo. Tempatnya yang strategis dan mudah dijangkau merupakan pilihan terbaik untuk memilih tempat menginap di Solo. Hotel Best Western Premier Solo Baru memiliki beberapa fasilitas seperti kamar, kolam renang, spa, fitness, restoran dan juga ruang pertemuan. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa penilaian tamu tentang restoran ini saat pagi hari untuk menyantap makan pagi, serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi waiters atau waitress dan juga dapat memberikan solusi penanganannya.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan didukung dengan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dengan mengamati secara langsung aktivitas saat makan pagi di Crystal Sapphire Restaurant serta pembagian kuisioner untuk beberapa tamu yang datang. Metode studi pustaka digunakan sebagai bahan pendukung referensi dalam analisis penelitian. Studi dokumen dilakukan untuk melengkapi data penelitian. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.

Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa penilaian tamu terhadap Crystal Sapphire Restaurant saat breakfast yang mengacu pada 5 dimensi yaitu dimensi tangible, empathy, realiability, responsiveness, dan assurance sudah memenuhi standard yang diinginkan pihak Best Western Premier Solo Baru sehingga memberikan kepuasan kepada tamu. Untuk meningkatkan kepuasan tamu pastinya terdapat kendala-kendala yang dihadapi waiters atau waitress seperti kurangnya staff, kurangnya ketelitian waiters atau waitress, saat tingginya occupancy hotel, serta dalam konsistensi makanan yang tidak stabil.
  
Kesimpulan dari penelitian ini menjelaskan bahwa waiters atau waitress di Crystal Sapphire Restaurant sudah cukup baik hanya saja perlunya lebih lagi memperhatikan tamu yang datang dan siap untuk membantu yang dibutuhkan tamu, serta adanya penambahan beberapa hiburan seperti berbagai lagu-lagu dan taman hiburan umtuk anak-anak agar para tamu merasa lebih nyaman lagi dan tidak merasa bosan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SURAT PERNYATAAN.pdf
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sugiman, S.E, M.M.
2. Yusana Sasanti Dadtun, S.S, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya