Penulis Utama : Ivan Arianto
NIM / NIP : K2513034
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji : (1) Mengetahui pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap konsumsi bahan bakar mobil Suzuki APV, (2) Mengetahui pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar bensin jenis pertalite terhadap konsumsi bahan bakar mobil Suzuki APV, dan (3) Mengetahui pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator dan penambahan etanol pada bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar mobil Suzuki APV.

Penelitian  ini  menggunakan metode eksperimen  dengan analisis  data deskriptif komparatif. Sampel penelitian yang digunakan adalah  mobil Suzuki APV  dengan nomor mesin  G15A1D100006. Data diperoleh  dari  banyaknya konsumsi bahan  bakar  dalam  satu menit pada  putaran idle dengan variasi presentase campuran pertalite dan etanol  0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30% menggunakan  metode   tanpa  pemanasan   bahan  bakar   dan  menggunakan pemanasan bahan bakar  pipa kapiler bersirip radial di dalam upper tank radiator. Data diperoleh dari hasil penelitian dimasukkan ke dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik, kemudian dianalisis.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Penggunaan pemanasan bahan bakar menggunakan pipa bersirip radial di dalam  upper tank radiator meningkatkan konsumsi bahan bakar pada mesin Suzuki APV. Peningkatan   konsumsi bahan bakar terbesar pada pemanasan bahan bakar menggunakan pipa bersirip radial dengan jarak antar sirip 10 mm tanpa campuran etanol sebesar 81,67 ml/menit. Selisih konsumsinya 20 ml/menit atau sebesar 32,4 ?ri konsumsi keadaan standar, (2) Penambahan etanol pada bensin dapat menurunkan konsumsi bahan bakar mobil Suzuki APV. Variasi penambahan etanol pada bahan bakar yang paling irit saat penambahan kadar etanol 20% sebesar 51,67 ml/menit. Selisih konsumsinya 10 ml/menit atau sebesar 16,21?ri konsumsi keadaan standar, (3) Penambahan etanol pada bahan bakar dan pemanasan bahan bakar menurunkan konsumsi bahan bakar pada mesin Suzuki APV. Penurunan konsumsi terbesar pada kadar etanol 20% dan tanpa pemanasan bahan bakar sebesar  51,67 ml/menit. Penurunan konsumsinya sebesar 10 ml/menit atau sebesar 16,21 ?ri konsumsi bahan bakar pada keadaan standar.

Kata Kunci: etanol, pemanasan bahan bakar, konsumsi bahan bakar, pipa bersirip radial, upper tank radiator

×
Penulis Utama : Ivan Arianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513034
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa tembaga bersirip radial di dalam upper tank radiator dan penambahan etanol pada bahan bakar terhadap konsumsi bahan bakar mobil suzuki Apv
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2513034-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng.,
2. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.