Penulis Utama : Muhammad Rifa'i
NIM / NIP : I0113089
×

Semarbut Aspal Tipe III merupakan aspal yang diperoleh dari campuran aspal penetrasi 60/70 dengan ekstrak asbuton emulsi bahan peremaja oli bekas. Aspal ini merupakan aspal modifikasi yang dikembangkan untuk memperbaiki karakteristik asbuton hasil ekstraksi. Modifikasi aspal dilakukan karena asbuton hasil ekstraksi apabila berdiri sendiri sebagai bahan pengikat pada perkerasan jalan raya belum bisa memberikan hasil yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik Marshall dan Kuat Tarik pada campuran panas AC-WC menggunakan Semarbut Aspal Tipe III.

 

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental di Laboratorium. Ada dua pengujian yang dilakukan, terdiri dari pengujian Marshall dan Kuat Tarik menggunakan alat dengan kecepatan deformasi sebesar 51 mm/menit. Dari hasil pengujian Marshall diperoleh nilai kadar aspal optimum. Nilai kadar aspal optimum digunakan untuk pembuatan benda uji pada pengujian Kuat Tarik dengan menggunakan metode pengujian Kuat Tarik Tidak Langsung. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi dan korelasi untuk mengetahui hubungan antara variabel terikat dan variabel bebas. Varibel bebas pada penelitian ini adalah kadar aspal optimum rencana Semarbut Aspal Tipe III sedangkan variabel terikatnya adalah nilai karakteristik Marshall.

 

Hasil analisis data, diperoleh nilai karakterisktik campuran panas asphalt concrete wearing course menggunakan bahan pengikat Semarbut Aspal Tipe III dengan kadar aspal optimum 5,93%. Nilai karakteristik Marshall dengan alat compactor diperoleh nilai stabilitas sebesar 1678,68 kg, nilai flow sebesar 3,6 mm, nilai MQ sebesar 459,3 kg/mm, nilai kepadatan sebesar 2,34 gr/cc, dan nilai VIM sebesar

5,96%. Nilai stabilitas, flow, dan kepadatan telah memenuhi spesifikasi, sedangkan untuk nilai MQ dan VIM tidak memenuhi spesifikasi. Hasil pengujian kuat tarik diperoleh nilai kuat tarik tidak langsung terkoreksi sebesar 1112,91 KPa, nilai regangan sebesar 0,00869 strain. Nilai karakteristik Marshall dengan alat vibrator diperoleh nilai stabilitas sebesar 374,71 kg, nilai flow sebesar 2,6 mm, nilai MQ sebesar 149,5 kg/mm, nilai kepadatan sebesar 2,16 gr/cc, dan nilai VIM sebesar

13,04%. Nilai flow, dan kepadatan telah memenuhi spesifikasi, sedangkan untuk nilai stabilitas, MQ dan VIM tidak memenuhi spesifikasi. Hasil pengujian kuat tarik diperoleh nilai kuat tarik tidak langsung terkoreksi sebesar  366,63 KPa, nilai regangan sebesar 0,0119 strain.

Kata Kunci: Semarbut Aspal Tipe III, Marshall, Kuat Tarik

×
Penulis Utama : Muhammad Rifa'i
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113089
Tahun : 2017
Judul : Karakteristik campuran panas Asphalt Concrete Wearing Course (Ac-Wc) menggunakan semarbut aspal tipe III sebagai binder (modifikasi aspal penetrasi 60/70 dengan ekstraksi asbuton emulsi bahan peremaja oli bekas)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0113089-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Djoko Sarwono, M.T.
2. Ir. Djumari, M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.