Penulis Utama : Rheza Imam Prabowo
NIM / NIP : I0113109
×

Kebutuhan akan infrastruktur jalan yang dapat bertahan lama (durable) menuntut pemerintah selaku pemilik dan pengelola jalan, menyediakan dana yang sesuai. Permasalahan  yang terjadi  adalah kemampuan  pemerintah  terlebih  pemerintah daerah untuk menyediakan dana pembangunan infrastruktur jalan bisa dikatakan jauh dari kata cukup. Konstruksi infrastruktur, perkerasan kaku yang akan dikaji dalam penelitian ini karena durabilitasnya yang lebih baik daripada perkerasan lentur, memerlukan biaya dan sumber daya yang lebih besar daripada perkerasan lentur. Kondisi ini memaksa pemerintah untuk melakukan efisiensi dan secara cermat  mengambil  kebijakan  pelaksanaan  konstruksi  infrastruktur  jalan  yang paling ekonomis.  Untuk  menanggapi  permasalahan  tersebut,  salah satu  teknik manajemen yang dapat dipakai adalah Metode Life Cycle Cost Analysis (LCCA). Metode LCCA digunakan untuk mengidentifikasi dan memonitor biaya produk selama siklus hidup produk tersebut.

Penelitian ini merencanakan desain tebal perkerasan kaku dengan metode Manual Desain  Perkerasan  Jalan  (MDPJ)  Tahun  2012,  kemudian  menganalisis  biaya konstruksi  perkerasan  tersebut,  dan  menganalisis  biaya  perkerasan  tersebut menggunakan metode LCCA berdasarkan input data pada program RealCost 2.5. Dalam  analisis  biaya  menggunakan  metode  LCCA  diperlukan  perencanaan alternatif  desain  sebagai  pembanding  terhadap  desain  eksisting  yang  sudah dirancang  dengan  umur  rencana  10  tahun.  Peneliti  merencanakan  2  alternatif desain konstruksi dengan umur rencana 20 tahun untuk Alternatif I dan 40 tahun untuk Alternatif II, dengan periode perhitungan 40 tahun. Dari 3 desain tersebut didapatkan nilai Agency Cost dan User Cost yang paling ekonomis pada Alternatif II. Hal ini dikarenakan Desain Eksisting dan Desain Alternatif I dilaksanakan pekerjaan overlay pada perkerasan kaku setelah umur layannya terlampaui sampai dengan 40 tahun. Penyebab lain adalah karena besarnya nilai user cost akibat pekerjaan overlay tersebut.

Kata Kunci:   Perkerasan Kaku, Jalan Daerah, Life Cycle Cost Analysis, Agency Cost, User Cost

×
Penulis Utama : Rheza Imam Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113109
Tahun : 2017
Judul : Analisis biaya pada konstruksi perkerasan kaku di ruas Jalan Hos Cokroaminoto Kabupaten Sragen menggunakan software Realcost 2.5
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0113109-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. F. Pungky P, ST, MT
2. Dr. Arif Budiarto, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.