Penulis Utama : Amar Rifa'i
NIM / NIP : K4215005
×

Di dalam pembelajaran sastra pemahaman akan feminisme atau kesetaraan gender perlu diberikan. Hal ini bertujuan sebagai sarana edukasi bagi siswa serta menanamkan paham kesetaraan gender. Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud Nomer 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013 yang salah satu isinya adalah kurikulum diarahkan untuk pengembangan sikap dan perilaku yang berkeadilan dengan mementingkan kesetaraan gender. Hal ini juga dibuktikan dalam Standar Kompetensi (SK) pembelajaran sastra novel termasuk ke dalam materi yang diajarkan pada siswa khususnya kelas XI SMA/SMK. Materi pembelajaran sastra novel diharapkan dapat menjadi alternatif materi ajar dalam menanamkan pemahaman tentang kesetaraan gender bagi siswa.
Permasalahan  yang  dibahas  dalam  penelitian  ini  adalah  (1)  Bagaimana unsur instrinsik yang terdapat dalam novel Sindhen Padmi? (2) Bagaimana gambaran feminisme tokoh utama yang meliputi aspek fisik, pisikis, dan sosial yang terdapat dalam novel Sindhen Padmi? (3) Bagaimana nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Sindhen Padmi? (4) Bagaimana relevansi hasil penelitian novel Sindhen Padmi sebagai materi pembelajaran sastra Jawa di SMA/SMK?
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan unsur instrinsik yang terdapat dalam novel Sindhen Padmi, (2) Mendeskripsikan gambaran feminisme tokoh utama yang meliputi aspek fisik, pisikis, dan sosial yang terdapat dalam novel Sindhen Padmi, (3) Mendeskripsikan nilai pendidikan yang terdapat dalam novel  Sindhen  Padmi,  (4)  Mendeskripsikan  relevansi  hasil  penelitian  novel Sindhen Padmi sebagai materi pembelajaran sastra Jawa di SMA/SMK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitataif. Data penelitian antara lain data primer berupa novel Sindhen Padmi dan data sekunder berupa hasil wawancara dengan penulis novel, ahli sastra, guru dan siswa kelas IX SMK/SMK.  Teknik  analisis  data  berupa  reduksi  data,  penyajian  data  dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini meliputi: (1) Unsur instrinsik yang terdapat dalam novel Sindhen Padmi di antaranya tokoh dan penokohan, alur, tema, latar/Setting, amanat, (2) Citra perempuan yang tergambar pada tokoh utama dalam novel Sindhen Padmi meliputi: citra tokoh utama dalam aspek fisik, citra tokoh utama dalam aspek psikis, citra tokoh utama dalam aspek sosial, (3) Nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Sindhen Padmi antara lain: nilai agama, moral, sosial dan budaya, (4) Novel Sindhen Padmi dapat dijadikan refrensi materi ajar pembelajaran apresiasi sastra Jawa berupa novel di SMA/SMK yang mengacu pada KD 3.2 tentang memehami isi petikan novel berbahasa Jawa.

Kata Kunci: Novel Sindhen Padmi, Citra Perempuan, Nilai Pendidikan, Materi Pembelajaran Sastra Jawa.

 

×
Penulis Utama : Amar Rifa'i
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4215005
Tahun : 2019
Judul : Citra Perempuan dan Nilai Pendidikan dalam Novel Sindhen Padmi Karya Tulus Setiyadi dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA/SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Bahasa Jawa-K4215005-2019
Kata Kunci : Novel Sindhen Padmi, Citra Perempuan, Nilai Pendidikan, Materi Pembelajaran Sastra Jawa.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Waluyo, S.S.,M.Pd.
2. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd.,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.