Penulis Utama : Rizqi Abdillah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811508010
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan aplikasi multimedia pembelajaran cd tutorial pada mata kuliah berbasis praktik di program studi teknologi pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Magister Pendidikan-S811508010-2017
Subyek : APLIKASI MULTIMEDIA
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kebutuhan mahasiswa pada mata kuliah Workshop dan Pemanfaatan Media, mengembangkan aplikasi multimedia pembelajaran CD tutorial, dan keefektifan aplikasi multimedia pembelajaran CD tutorial dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian penelitian dan pengembangan, dengan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dari Molenda (2008). Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa produk media yang nantinya akan dilakukan beberapa tahap pengujian mulai dari tim ahli, validasi pengguna kelompok kecil dan kelompok besar. Selanjutnya melihat respon pengguna terhadap media, jika diterapkan dalam pembelajaran. Tahap terakhir dilakukan penilaian praktik pada tiap responden sebagai uji keefektifan medianya dalam pembelajaran.
Kategori penilaian menggunakan skala Likert dengan skor maksimal 4. Hasil uji kelayakan dari tim ahli materi diperoleh hasil penilaian rata-rata 3,7 dengan kategori sangat baik, ahli media mencapai rat-rata penilaian sebesar 3,8 yang dikategorikan sangat baik.  Kemudian validasi pengguna yaitu pada validasi kelompok kecil diperoleh hasil sebesar 3,4 dikategorikan baik dan validasi kelompok besar didapatkan hasil sebesar 3,3 yang dikategorikan baik. Tahap selanjutnya implementasi produk yang sudah melewati proses validasi, dengan menggunakan desain eksperimen One-Shot Case Study pada subyek 18 mahasiswa  pada semester 2. Hasil analisis perbandingan respon mahasiswa saat pembelajaran tidak menggunakan media mendapat respon sebesar 3,0. Hasil respon mahasiswa dengan mengunakan aplikasi multimedia pembelajaran CD tutorial dalam pembelajaran sebesar 3,3, ada peningkatan sebesar 0,3. Hal ini dapat diartikan bahwa adanya peningkatan minat belajar dari mahasiswa apabila pembelajaran diterapkan multimedia. Kemudian hasilnya dievaluasi dengan melakukan penilaian uji praktik tiap individu mengenai praktik editing video sederhana yang dilakukan seluruh responden dengan dua observer sebagai penilai. Hasilnya ada 4 responden yang bisa dikatakan sangat kompeten, ada 14 responden yang bisa dikatakan kompeten. Penilaian observer dihitung reliabilitas antar raternya dengan koefisiensi Cohen Kappa, hasilnya 0,548 > 0,4 yang dikategorikan baik. Hasil penilaian antar observer yang sudah reliabel dihitung efektivitasnya menggunakan korelasi product moment, dengan nilai tugas akhir proyek video pembelajaran mahasiswa. Hasilnya rxy=0,714 dengan taraf signifikansi (?) 0,05 dan r tabel 0,468. Dapat disimpulkan, korelasinya diinterpretasikan tinggi dan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel nilai praktik editing video sederhana tiap mahasiswa dengan variabel nilai tugas akhir proyek video pembelajaran mahasiswa. Dengan demikian maka terbukti bahwa hasil pengembangan aplikasi multimedia pembelajaran CD tutorial efektif diterapkan pada mata kuliah yang berbasis praktik.


Kata Kunci: Aplikasi multimedia; CD tutorial; Mata kuliah berbasis praktik.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Cover.pdf
Bab 1.pdf
Bab 2.pdf
Bab 3.pdf
Bab 4.pdf
Bab 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.
2. Dr. Deny Tri Ardianto, S.Sn., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana