Penulis Utama : Dyah Ayu Ciptaning Sapta Rini
NIM / NIP : X5117007
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pendekatan realistik dengan alat peraga mata uang asli pada siswa tunagrahita kelas VI SLB Panca Bhakti Magetan Tahun Ajaran 2019/2020.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa tunagrahita kelas VI SLB Panca Bhakti Magetan Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 3 siswa, terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 1 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kritis.
Berdasarkan hasil pengolahan data dari pelaksanaan tindakan kelas dapat dijelaskan bahwa nilai awal prestasi belajar matematika dengan rata-rata kelas 50 dan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 33,33%, pada siklus I nilai rata-rata kelas 56,67 dan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 66,67 %, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas 70 dan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 100 %, karena seluruh siswa mendapat nilai 60 atau lebih dan memenuhi indikator keberhasilan, dapat diasumsikan bahwa seluruh siswa mencapai ketuntasan belajar matematika.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan realistik dengan mata uang asli dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa tunagrahita kelas VI SLB Panca Bhakti Magetan Tahun Ajaran 2019/2020.

Kata kunci: prestasi belajar matematika, pendekatan realistik, siswa tunagrahita, alat peraga mata uang asli.

 

×
Penulis Utama : Dyah Ayu Ciptaning Sapta Rini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X5117007
Tahun : 2020
Judul : Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pendekatan Realistik dengan Alat Peraga Mata Uang Asli pada Siswa Tunagrahita Kelas VI SLB Panca Bhakti Magetan Tahun Ajaran 2019/2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus KG Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP, Program Studi Pendidikan Khusus-X5117007-2020
Kata Kunci : prestasi belajar matematika, pendekatan realistik, siswa tunagrahita, alat peraga mata uang asli.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M.Si.,
2. Dewi Sri Rejeki, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.