Penulis Utama : Bramasto Wicaksono
NIM / NIP : K3515012
×

Jaringan komputer membutuhkan lingkungan kerja yang professional dengan kemampuan yang mendalam tentang teori jaringan komputer dan kemampuan praktik yang mumpuni. Untuk mendalami tentang teori dan kemampuan praktik dilakukan berbagai hal salah satunya dengan menyediakan simulator dan game untuk menunjangn belajar jaringan komputer.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman dan kemampuan psikomotorik  mahasiswa yang mengikuti pembelajaran jaringan komputer dengan  menggunakan game yaitu CANA dan yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan simulator yaitu CPT. 
Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan kelas kontrol dan kelas  eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Sebelas Maret. Sampel yang digunakan berjumlah 61 mahasiswa semester 2. Pengambilan  subjek dalam penelitian ini menggunakan metode cluster sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan tes uraian untuk mengetahui pemahaman mahasiswa dan tes praktikum untuk mengetahui kemampuan psikomotorik mahasiswa dalam simulasi jaringan komputer. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji keseimbangan serta uji hipotesis. 
Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut (1) Pemahaman mahasiswa yang menggunakan game CANA lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan CPT. (2) Kemampuan psikomotorik mahasiswa yang menggunakan CANA lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan CPT. Yang mempengaruhi dari kedua hal diatas adalah pada game proses penyampaian materi dikemas kedalam sebuah skenario dan level-level yang menantang pengguna untuk mempelajarinya. 

Kata Kunci : CPT, Game CANA, Jaringan Komputer, Kemampuan Psikomotorik, Pemahaman

×
Penulis Utama : Bramasto Wicaksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3515012
Tahun : 2020
Judul : Mengukur Efektivitas Game Cisco Aspire Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Kemampuan Psikomotorik Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Komunikasi Data Dan Jaringan 1
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi : 91 p.: ilus. ; tab. ; bib. ; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. KIP, Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komunikasi-K3515012-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puspanda Hatta S.Kom., M.Eng.
2. Endar Suprih Wihidayat S.T.,M.Eng.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.