Penulis Utama : Maulela Ajar Ridzany
NIM / NIP : S881702005
×

Abstrak

Provinsi Jawa Tengah memiliki Kabupaten dengan wisata alam yang mempesona, dan salah satunya adalah Kabupaten Karanganyar, memiliki banyak tempat wisata hutan terutama di Kecamatan Tawangmangu. Salah satunya adalah kawasan Sekipan yang cukup populer bagi pengunjung. Setidaknya tiga objek wisata yang sering dikunjungi di tempat ini, yaitu: Bumi Perkemahan Sekipan (Sekipan Camp), Rumah Halloween Sekipan dan Petik Buah Kebun Strawberry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Potensi wisata yang ada  di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu menggunakan metode analisis A6 adalah attractions (atraksi), accessibility (aksesibilitas), amenities (amenitas/ sarana dan prasarana dasar), available packages (paket wisata yang tersedia), activity (aktivitas) dan ancillary services (pelayanan tambahan). 2) Menganalisis serta mengidentifikasi siapa saja stakeholder yang terlibat dalam ekowisata berbasis masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan spasial. Populasi penelitian adalah obyek wisata dan pengelola obyek wisata, masyarakat sekitar obyek wisata yang terlibat maupun terdampak adanya aktifitas ekowisata bukit sekipan, Staf DISPARBUD, Staf Kecamatan, Staf Desa, dan Wisatawan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah  scoring parameter potensi obyek wisata, analisis kecenderungan spasial dan identifikasi aktor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat 1 obyek wisata masuk dalam kelas sangat potensial dan terdapat 2 obyek wisata masuk dalam kelas cukup potensial. 2) Stakeholder primer berasal dari warga desa Kalisoro dimana warga desa sebagai pelaksana. Stakeholder kunci Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA), Dinas Pertanian dan Pangan (DISPERTAN), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLH) dan Perhutani telah menjadi koordinator, implementator, dan fasilitator dalam kegiatan ekowisata di kawasan Sekipan. Stakeholder sekunder berasal dari Investor, Mahasiswa, Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS), Ikatan Pedagang Wisata Sekipan (IPWS), Kelompok Kuda, Pedagang dan Aparat Keamanan.

Kata Kunci : Pariwisata, Analisis A6, Stakholder

×
Penulis Utama : Maulela Ajar Ridzany
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881702005
Tahun : 2019
Judul : Ekologi Politik Ekowisata Berbasis Masyarakat di Kawasan Bukit Sekipan Tawangmangu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Geografi-S881702005-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.rer.nat. Nurhadi, S.Ant., M.Hum.
2. Dr. Moh. Gamal Rindarjono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.