Penulis Utama : Adhi Nauval Ilmi
NIM / NIP : D0213005
×

Sebagai  salah  satu  media  televisi yang  baru  lahir  di  DKI  Jakarta, Jawapostv merupakan televisi berjaringan yang berupaya untuk mengembangkan dirinya di era persaingan dunia televisi yang ketat. Saat ini Izin siaran jawapostv mencakup wilayah Jakarta dan Banten serta wilayah koneksi tv berjaringannya. Ketatnya persaingan sebagai televisi lokal yang juga harus bersaing dengan tv nasional serta proses birokrasi izin yang masih tersendat merupakan hambatan yang  cukup  vital  untuk  berkembang. Oleh  sebab  itu  Jawapostv  melakukan aktivitas komunikasi pemasaran berdasarkan strategi yang disusun terlebih dahulu untuk   meningkatkan   jumlah   penonton   serta   menunjukan   eksistensinya   di jangkauan siarnya.

 

Penelitian ini tergolong dalam jenis studi deskriptif kualitatif untuk menggambarkan secara cermat situasi dan data murni dari objek yang diteliti yaitu jawapostv. Peneliti menggunakan landasan teori strategi komunikasi pemasaran dengan Integrated Marketing Communication yang mana memiliki 5 komponen yaitu sales promotions, personal selling, public relations, direct marketing dan advertising.  Penentuan informan menggunakan metode purposive sampling dan informan yang terpilih adalah pemimpin redaksi Irwan Setyawan dan  account executive Andrinna Delyana. Penggalian data dilakukan dengan cara wawancara langsung maupun via email, observasi, serta studi pustaka. Dalam tahap analisis data, peneliti menggunakan metode triangulasi data dalam mengolah hingga pengambilan kesimpulan yang menggunakan analisis data interaktif.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa jawapostv menggunakan komponen- komponen  yang  sama  dengan landasan  teori  Integrated  Marketing Communication  serta penggunaan teori strategi komunikasi pemasaran hanya saja lebih menyesuaikan dengan situasi lapangan. Komponen yang digunakan adalah Personal Selling, Public Relations dan Sales Promotions yaitu menjadi pembicara seminar, melakukan publikasi aktivitas Jawapostv, membuat event dan menjadi sponsor acara, serta quiz dan give away. Namun jawapostv masih memiliki kekurangan dalam pelaksanannya, yaitu tidak adanya website resmi serta tempat untuk menyalurkan kritik dan saran, kurangnya pelaksanaan personal selling.

Keyword :  Strategi Komunikasi Pemasaran, Jawapostv, Stasiun Televisi, IMC

×
Penulis Utama : Adhi Nauval Ilmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213005
Tahun : 2017
Judul : Strategi komunikasi pemasaran jawapostv (studi deskriptif kualitatif strategi komunikasi pemasaran jawapostv sebagai televisi baru strategi dalam meningkatkan jumlah penonton 2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0213005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Yudiningrum, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.