Penulis Utama : Cesar Uji Tawakal
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213025
Tahun : 2017
Judul : Kesenjangan kepuasan pada blog (studi uses gratification pada komunitas bikers kawasaki ninja SN250RC terhadap blogIwanbanaran.com di Kota Solo Jawa Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0213025-2017
Subyek : OTOMOTIF, IWANBANARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Iwanbanaran.com adalah salah satu situs blog yang banyak memuat konten mengenai  otomotif. Penulis blog memuat  berita yang penulis blog tersebut berhasil himpun dari berbagai  sumber. Konten yang dimuat beraneka ragam, mulai dari review motor, gosip motor, balap, modifikasi dan galeri.

Penellitian ini menggunakan pendekatanUses and Gratifications. Penelitian ini dilakukan untuk mencari kesenjangan kepuasan (Gratification Discrepancy).Gratification Discrepancy (GD) merupakan perbedaan antara kepuasan yang dicari (GS) dengan kepuasan yang diterima (GO) responden pada blog iwanbanaran.com dan akan dianalisis sebagai menggunakan uji analisis discrepancyPenelitian ini dilakukan di kalangan rider anggota klub SN250RC. Adapun populasi dari penelitian ini adalah sebanyak 26 responden. Penelitian ini menggunakan  metode  survei.  Seluruh populasi  dimasukkan  sebagai  sampel karena jumlah populasi 82 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengambil data. Analisis data menggunakan rumus kesenjangan Palmgreen.

Hasil  penelitian  adalah  penggunaan media  blog  iwanbanaran  termasuk dalam  kategori rendah,  sebanyak  13 (50%)  responden.  Kepuasan  yang dicari (Gratification Sought) ketika mengakses iwanbanaran.com termasuk dalam kategori tinggi. Di kategori ini, terdapat mayoritas responden sebanyak 16 responden (61,54%). Hal ini sesuai dengan hipotesis penelitian. Kepuasan yang diperoleh (Gratification Obtained) ketika mengakses iwanbanaran.com termasuk dalam kategori tinggi sebanyak 17 responden (65,38%). Rata-rata kesenjangan kepuasan pada blog iwanbanaran.com adalah sebanyak 22,1% yang masuk pada kategori rendah.

Kata Kunci: Otomotif, Iwanbanaran, Blog, Uses And Gratification, Gratification Sought, Gratification Obtained, Gratification Discrepanc

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widyantoro, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP