Penulis Utama : Farkhan Ramadhana Sadiek
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0513015
Tahun : 2019
Judul : Sejarah dan eksistensi organisasi forum Kota dalam politik awal reformasi di Jakarta tahun 1998-1999
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C0513015-2019
Subyek : AWAL REFORMASI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kontribusi pergerakan Forkot pada perubahan politik di Indonesia, (2) mengetahui metode pergerakan politik Forum Kota pada era Orde Baru,
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yaitu Heuristik (pengumpulan sumber), Kritik Sumber (kritik intern dan kritik ekstern), Interpretasi dan Historiografi. Sumber didapat dari buku-buku yang terkait dengan tema penelitian serta didukung oleh wawancara dengan para tokoh sentral Forkot, dan Koran ataupun majalah sezaman seperti Gatra, dan lain sebagainya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa awal terbentuknya Forkot karena akumulasi keadaan ketimpangan kehidupan social politik di Indonesia. Hal itu dapat dilihat dari aksi-aksinya yang bermuatan kritik sosial terhadap kebijakan pemerintah yang dianggap menyengsarakan rakyat, ataupun kekuasaan yang otoriter dalam bidang politik hingga membatasi hak politik masyarakat. Kiprah Forkot sebagai salah satu organisasi yang masif dimulai dengan dilakukannya peran advokasi untuk masyarakat kecil yang terkena dampak kebijakan pemerintah, seperti pembangunan saluran umum tegangan tinggi. Hal itu dilakukan oleh beberapa tokoh pendiri Forkot seperti Adian Napitupulu setahun sebelum dibentuknya Forkot. Setiap kritik yang dinyatakan oleh mereka selalu berhasil membuat sesuatu yang baru dalam wajah gerakan demonstrasi di Indonesia, khususnya dalam politik. Pada tahun 1998 Forkot adalah wujud dari bentuk antitesa dari organisasi-organisasi pergerakan yang ada pada zamannya. Pada tahun tersebut organisasi pergerakan mahasiswa berbentuk structural, sedangkan Forkot yang bersifat komite berhasil menunjukkan suara politik mereka melalui aksi-aksi pergerakan yang berskala masif, keras dan radikal.
Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah Forkot memiliki andil besar dalam perubahan politik di Indonesia. Hingga sampai titik dimana pergerkan radikal tersebut dipengaruhi oleh pola dan metode pergerakan radikal dalam setiap aksi Forkot yang menuntut perubahan kepemimpinan dan perbaikan ekonomi di era Orde Baru dan awal reformasi.
Kata Kunci: Forkot, Orde Baru, Awal Reformasi, Mahasiswa

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tundjung. W.S. M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya