Penulis Utama : Aliefah Nurafifaeni
NIM / NIP : K1313003
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Mind Mapping atau pembelajaran langsung pada materi fungsi; (2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik antara siswa yang memiliki tingkatan kreativitas   tinggi,   sedang  atau   rendah;   (3)   pada  masing-masing  tingkatan kreativitas siswa, manakah yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Mind Mapping atau pembelajaran langsung pada materi fungsi; (4) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik antara siswa yang mempunyai tingkatan kreativitas tinggi, sedang atau rendah.
Penelitian  ini  termasuk  jenis  penelitian  eksperimental  semu.  Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 250 siswa yang terbagi kedalam 8 kelas. Sampel yang digunakan yaitu 2 kelas dengan jumlah total siswa kedua kelas tersebut adalah 78 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 16 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan  data  yang  berupa  data  nilai  Ulangan  Harian  materi  Aljabar, metode angket untuk data kreativitas siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi fungsi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian  dilanjutkan dengan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Untuk persyaratan analisis, yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett.
Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa (1) siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran STAD dengan Mind Mapping memberikan prestasi belajar yang sama dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran langsung pada materi fungsi; (2) siswa dengan  tingkat  kreativitas  tinggi  memberikan  prestasi  belajar  yang lebih  baik daripada siswa dengan tingkat kreativitas sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan tingkat kreativitas sedang memberikan prestasi belajar sama dengan siswa dengan tingkat kreativitas rendah pada materi fungsi; (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan tingkat kreativitas tinggi memberikan prestasi belajar  yang lebih  baik  daripada siswa dengan  tingkat  kreativitas  sedang dan rendah, sedangkan siswa dengan tingkat kreativitas sedang memberikan prestasi

belajar sama dengan siswa dengan tingkat kreativitas rendah pada materi fungsi; (4)  pada  masing-masing  kategori  kreativitas  siswa  yaitu  tinggi,  sedang,  dan rendah,  Siswa  yang  diberi  pembelajaran  dengan  model  pembelajaran  STAD dengan Mind Mapping memberikan prestasi belajar yang sama dengan siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran langsung pada materi fungsi.

Kata Kunci : Student  Teams  Achievement  Division  (STAD),  Mind  Mapping, kreativitas, fungsi.

×
Penulis Utama : Aliefah Nurafifaeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1313003
Tahun : 2018
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Mind Mapping pada Materi Fungsi Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/ 2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Matematika-K1313003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, M. Si
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si, M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.