Penulis Utama : Fajar Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2313024
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan modul elektonik berbasis REACT (Relatig, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) pada materi Hukum Newton siswa Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidkan Fisika-K2313024-2018
Subyek : MODUL ELEKTRONIK FISIKA, REACT, HUKUM NEWTON
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian adalah mengembangkan modul elektronik berbasis REACT pada materi hukum Newton siswa sekolah menengah atas. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan, berbasis pada Thiagarajan, menggunakan tahapan 4D (define, design, develop and dissemination). Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan angket yang sudah divalidasi kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.

Modul elektonik fisika berbasis REACT telah melalui tahap validasi (sesuai tahapan 4D), dengan capaian sebesar 178 dan 179 menurut ahli pembelajaran, 180,67 menurut peer reviewer (yaitu tiga orang mahasiswa), 173 menurut guru fisika SMA. Hasil uji coba awal terhadap peserta didik SMA menunjukkan capaian sebesar 11,11% (sangat baik) dan 88,89% (baik), diperoleh dari 73,77% jawaban ya dan 26,23% mengatakan tidak. Responden untuk uji utama sebanyak 30 siswa SMA menunjukkan capaian 100% (sangat baik), terdiri dari 93,24% menyatakan iya dan 6.76% memilih tidak. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan disimpulkan bahwa modul elektronik fisika berbasis REACT pada materi hukum Newton memenuhi persyaratan dengan kualitas sangat baik digunakan sebagai bahan belajar mandiri siswa sekolah menengah atas (SMA).

Kata Kunci: Modul elektronik Fisika, REACT, hukum Newton

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
COVER.pdf
Daftar Pustaka.pdf
PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Supurwoko, M.Si.,
2. Drs. Pujayanto, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP