Penulis Utama : Humaida Poetry Al-arsy
NIM / NIP : D0213048
×

Perkembangan teknologi pada era media baru saat ini, banyak media baru yang memfasilitasi banyak orang untuk saling berkomunikasi tanpa harus mempedulikan jarak. Komunikasi yang terjadi pada era media baru ini tidak hanya komunikasi secara verbal, namun masih mengandung unsur non verbal didalamnya. Media sosial merupakan salah satu media yang merupakan perkembangan dari media baru. Masyarakat pengguna media sosial memiliki beberapa motif dibalik penggunaannya, yang dimana hal itu berkaitan dengan self- presentation atau presentasi diri yang merupakan sebuah tujuan seseorang membangun image diri nya kepada pengguna lain yang sesuai dengan keinginannya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan adakah hubungan yang signifikan antara motif penggunaan akun Instagram dengan presentasi diri pada komunitas urban Exploration People di Surakarta.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori motif sosial menurut Rakhmat (2012) dan strategi konstruksi presentasi diri oleh Jones (1990) yang dijadikan indikator dalam penelitian ini.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif korelasional, yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya hubungan, dan seberapa besar hubungan antara motif penggunaan Instagram terhadap presentasi diri, dan peneliti mengumpulkan data menggunakan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah Komunitas Urban Exploration People di Solo. Penelitian ini tidak menggunakan sampling namun meneliti keseluruhan  dari komunitas dengan jumlah anggota 30 orang. Untuk mengetahui seberapa besar korelasi diantara dua variabel dalam penelitian ini menggunakan rumus statistik Spearman Rank dan pengolahan data dengan menggunakan SPSS 17 for windows.

Hasil perhitungan Korelasi Spearman Rank SPSS, Motif Penggunaan Akun Instagram dengan Presentasi Diri pada Komunitas Urban Exploration People Soc di Surakarta menunjukkan bahwa nilai korelasi Spearman Rank dengan nilai sebesar 0,854 dengan tingkat signifikansi 5% atau 0,05, sehingga hubungan antara variabel Motif Penggunaan Instagram dan Presentasi Diri adalah sangat kuat, dengan sifat  hubungan yang muncul adalah positif, yaitu semakin meningkat motif Penggunaan Instagram maka semakin tinggi Presentasi Diri.

Kata kunci: motif, presentasi diri, Instagram

×
Penulis Utama : Humaida Poetry Al-arsy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213048
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan akun instagram dan presentasi diri (dtudi korelasi antara motif penggunaan akun instagram dengan presentasi diri pada anggota komunitas Urban Exploration People di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0213048-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Haryanto, M.Lib,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.