Penulis Utama : Stella Khemalea Mahanaim Prasanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3216050
Tahun : 2019
Judul : Efektivitas paket wisata dalam meraih wisatawan di Desa wisata Pulesari, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-B3216050-2019
Subyek : DESA WISATA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Desa Wisata Pulesari di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan desa wisata yang memiliki jumlah kunjungan wisatawan cukup tinggi, yang diperoleh melalui penjualan produk wisata dalam susunan paket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penyusunan paket wisata, faktor-faktor yang memaksimalkan kepuasan dan intensitas kedatangan wisatawan dari segi keefektifan paket serta tingkat kepuasan wisatawan terhadap kegiatan dan aktivitas dalam paket wisata Desa Wisata Pulesari.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif berupa observasi dengan mengamati dan terjun secara langsung dalam kegiatan yang dilakukan wisatawan di Desa Wisata Pulesari.Wawancara kepada ketua dan wakil ketua Desa Wisata Pulesari, ketua dan penanggung jawab rombongan wisatawan yang berkegiatan di Desa Wisata Pulesari untuk memperoleh data. Kuesioner yang bersifat tertutup kepada wisatawan yang telah melakukan kegiatan wisata di Desa Wisata Pulesari dan teknik analisis data untuk menganalisis seluruh hasil data yang diperoleh.

Hasil dari penelitian ini adalah menjelaskan mengenai efektivitas paket wisataDesa Wisata Pulesari yaitu harga yang bisa diterima oleh semua kalangan, program dan aktivitas wisata yang diterima dengan baik oleh pasar dan tujuan Desa Wisata Pulesari bisa dikenal sebagai desa wisata yang positif oleh wisatawan. Penelitian ini juga membahas kendala dari paket wisata Desa Wisata Pulesari antara lain kegiatan fun games, performa pemandu tracking sungai, dan ketidaksesuaian kegiatan paket dalam pelaksanaanya.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pengelolaan paket wisata di Desa Wisata Pulesari sudah baik dan sesuai dengan kebutuhan wisatawan. Paket wisata tersebut sudah efektif dari segi harga, fasilitas, sarana dan prasarana serta aktivitas wisata yang diterima. Wisatawan merasa sangat puas melakukan kegiatan wisata di Desa Wisata Pulesari karena kegiatan wisata yang menarik dan hospitality dari seluruh warga masyarakat dusun Pulesari.

Kata kunci : efektivitas, paket wisata, desa wisata, wisatawan

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra.Sawitri Pri Prabawati, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya