Penulis Utama : Fauzi Nahwah Mujahid
NIM / NIP : S041608008
×

Tujuan Penelitian ini adalah mengukur sejauhmana tingkat efektivitas pengembangan  instrumen  asesmen  akademik  untuk  perencanaan  pembelajaran  bagi anak hambatan intelektual kelas rendah di SDLB.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan tahapan sebagai berikut: (1) Penilaian kebutuhan untuk mengidentifikasi kebutuhan dalam pengembangan produk, (2) tahapan desain untuk menganalisis informasi yang menghasilkan produk, (3) Tahapan pengembangan dan implementasi untuk menghasilkan alur pengujian dan penilaian keefekt ivan produk. Subjek penelitian ini anak dengan hambatan intelektual di sekolah luar biasa (SLB) di Kota Surakarta dan sekitarnya. Pengumpulan data menggunakan angket untuk menguji validitas dan reliabilitas dari ahli maupun dari pengguna (praktisi). Analisis data menggunakan gabungan analisis kualitatif dan kuantitatif serta disajikan dalam bentuk tabel dan grafik serta analisis item.

Hasil    penelitian pada pengembangan instrumen  asesmen    akademik menunjukan tingkat keefektivan rata-rata sebesar 94% dengan kriteria “sangat efektif”. Hal ini membutikan bahwa interpretasi instrumen asesmen yang dikembangkan mendekati sempurna dan efektif dalam uji lapangan secara luas. Selain itu, ada catatan penting untuk pengembangan selanjutnya, seperti penggunaan media/alat bantu yang bervariasi dan sasaran penggunaan yang lebih luas.

Kata kunci : Instrumen asesmen, siswa hambatan intelektual, sekolah luar biasa

 

×
Penulis Utama : Fauzi Nahwah Mujahid
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S041608008
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Instrumen Asesmen Akademik untuk Perencanaan Pembelajaran Siswa dengan Hambatan Intelektual di SDLB
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog Studi S2 Pendidikan Luar Biasa-S041608008-2019
Kata Kunci : Instrumen asesmen, siswa hambatan intelektual, sekolah luar biasa
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd.
2. Dr. Sri Yamtinah, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp tidak tersedia
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.