Penulis Utama : Radhita Tika Sari
NIM / NIP : K7115132
×

ABSTRAK

Pemahaman konsep kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha di Indonesia pada peserta didik kelas V SD Negeri 03 Karanganyar masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha di Indonesia pada peserta didik kelas V SD Negeri 03 Karanganyar tahun ajaran 2018/2019 menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).
Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu guru kelas V dan peserta didik kelas V. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru kelas V, peserta didik kelas V, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik validitas isi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan bahwa pemahaman konsep kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha di Indonesia dapat meningkat melalui penerapan model pembelejaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Peningkatan pemahaman konsep tersebut dapat dibuktikan dari hasil pratindakan sampai siklus II. Ketuntasan klasikal pada pratindakan yaitu 13,89%, siklus I yaitu 36,81%, dan pada siklus II yaitu 86,11%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha di Indonesia pada peserta didik kelas V SD Negeri 03 Karanganyar tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: pemahaman konsep, kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha, Think Pair Share

 

×
Penulis Utama : Radhita Tika Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115132
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan pemahaman konsep kegiatan ekonomi dan jenis-jenis usaha di Indonesia (Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas V SD Negeri 03 Karanganyar tahun ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7115132-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M.Pd.,
2. Dr. Riyadi, M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.