Penulis Utama : Amallia Ummul Qubro
NIM / NIP : I8716002
×

Simpang Tak Bersinyal Jalan WR Supratman – Jalan Ovensari Raya – Jalan Raya Baki yang terletak di Desa Kudu, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo merupakan simpang lintas daerah sehingga mempunyai lalu lintas yang padat dan tingkat pertumbuhan lalu lintas yang meningkat. Dari hasil perhitungan kinerja simpang pada kondisi eksisting memiliki Derajat Kejenuhan DS = 0,94 (jam puncak pagi), DS = 0,81 (jam puncak siang), DS = 0,97 (jam puncak sore) ; Arus
Lalu Lintas = 2872,80 smp/jam dan Tundaan = 17,7 det/smp. Dari hasil perhitungan pada kondisi eksisting, DS yang paling besar adalah pada saat jam puncak sore, maka perbaikan yang dilakukan menggunakan data arus pada jam puncak sore.
Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan untuk mendapatkan data primer yang berupa data geometri dan arus lalu lintas, dan mengumpulkan data sekunder dari beberapa instansi yang kemudian diolah dengan acuan MKJI 1997. Survei di lapangan meliputi survei pendahuluan, survei geometri, survei arus lalu lintas.
 
 
Perbaikan yang dilakukan yaitu dengan pelebaran, pemasangan Traffic Light dengan sinyal 3 fase dengan waktu siklus 60 detik dan pengaturan dilarang belok kanan dan lurus untuk pendekat Utara. Kinerja simpang setelah didesain ulang, menghasilkan , DS pendekat Selatan = 0,11 ; pendekat Timur = 0,82 ; pendekat Barat = 0,82. Biaya untuk pelebaran dan pemasangan traffic light sebesar Rp 740.500.000 (Tujuh Ratus Empat Puluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dengan waktu pelaksanaan selama 18 hari.

Kata kunci : Evaluasi, Kinerja simpang

×
Penulis Utama : Amallia Ummul Qubro
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8716002
Tahun : 2019
Judul : Evaluasi Kinerja Simpang Empat Tak Bersinyal Jalan Wr Supratman – Jalan Ovensari Raya – Jalan Raya Baki, Baki, Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog. Diploma III Teknik Sipil-I8716002-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amirotul MHM, S.T., M.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.