Penulis Utama : Nina Nur Aini
NIM / NIP : K4312045
×

Tujuan penelitian adalah meningkatkan writing skills peserta didik melalui penerapan model Guided Inquiry Learning pada pembelajaran Biologi di Kelas XI MIPA. Penelitian  yang  dilakukan  merupakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  yang terdiri dari 3 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, serta refleksi. Data penelitian diperoleh melalui observasi, studi dokumenter, dan  wawancara.  Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan model Guided Inquiry Learning meningkatkan writing skills peserta didik pada pembelajaran Biologi di kelas XI MIPA   dengan   peningkatan   yang   bervariasi.   Konten   dan   konteks   tulisan pratindakan teridentifikasi pada skor 1 dan 2 level 1. Konten tulisan siklus I teridentifikasi pada skor 2 dan 3 level 1, sedangkan konteks tulisan teridentifikasi pada skor 1, 2, 3, dan 4 level 1. Konten tulisan siklus II teridentifikasi pada skor 2 dan 3 level 1, sedangkan konteks tulisan teridentifikasi pada skor 1, 2, 3, dan 4 level 1. Konten tulisan siklus III teridentifikasi pada skor 2 dan 3 level 1, sedangkan konteks tulisan teridentifikasi pada skor 1, 2, 3, dan 4 level 1.
Simpulan penelitian adalah penerapan model Guided Inquiry Learning meningkatkan writing skills peserta didik pada pembelajaran Biologi di kelas XI MIPA.

Kata Kunci: konten tulisan, konteks tulisan, Guided Inquiry Learning

×
Penulis Utama : Nina Nur Aini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4312045
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan writing skills peserta didik melalui penerapan model guided inquiry learning pada pembelajaran biologi di kelas XI MIPA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pmipa/Pendidikan Biologi-K432045-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Widoretno, M.Si.
2. Joko Ariyanto, S.Si., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.