Penulis Utama : Rima Arifa Dyah Ayuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115144
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model realistic mathematics education dengan media kertas lipat untuk meningkatkan pembelajaran matematika tentang soal cerita pecahan pada siswa kelaS III SD Negeri Tanuharjo tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7115144-2019
Subyek : REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Realistic Mathematics Education dengan media kertas lipat, (2) meningkatkan pembelajaran matematika tentang soal cerita pecahan, (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Realistic Mathematic Education dengan media kertas lipat dalam pembelajaran Matematika.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Tanuharjo tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah penerapan model Realistic Mathematics Education dengan media kertas lipat untuk meningkatkan pembelajaran Matematika tentang soal cerita pecahan dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (a) memahami masalah kontekstual, (b) menyelesaikan masalah kontekstual secara individu, (c) mendiskusikan hasil jawaban individu ke dalam kelompok kecil, (d) mempresentasikan hasil diskusi, (e) menarik kesimpulan; (2) penerapan model Realistic Mathematics Education dengan media kertas lipat dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang soal cerita pecahan dilihat dari kenaikan persentase rata-rata ketuntasan siswa siklus I=24,07%, pada siklus II=85,19%., dan pada siklus III=92,59%; (3) kendala dalam penelitian ini yaitu (a) siswa belum fokus memperhatikan penjelasan guru, (b) siswa belum aktif saat berdiskusi, (c) guru belum memberi kesempatan siswa untuk bertanya dan menanggapi, (d) siswa belum aktif menarik kesimpulan, (e) siswa masih melihat jawaban teman saat mengerjakan LKS. Adapun solusi yang diberikan peneliti yaitu (a) siswa difokuskan sebelum menyampaikan masalah, (b) guru mengarahkan siswa untuk berpendapat saat diskusi, (c) guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya dan menanggapi, (d) guru membimbing dan mengarahkan siswa untuk aktif menarik kesimpulan, (e) siswa diberi motivasi dan arahan agar percaya diri menyelesaikan LKS sendiri.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Realistic Mathematics Education dengan media kertas lipat dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang soal cerita pecahan pada siswa kelas III SD Negeri Tanuharjo tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci: realistic mathematics education, kertas lipat, soal cerita pecahan

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd.
2. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP