Penulis Utama : Faiq Haidar Enggartyasto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814043
Tahun : 2019
Judul : Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Kopi Temanggung Di Coffee Shop Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Agribisnis-H0814043-2019
Subyek : KONSUMEN, KOPI, ANALISIS PREFERENSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Peningkatan konsumsi kopi domestik Indonesia didukung dengan pola sosial masyarakat dalam mengkonsumsi kopi dan ditunjang dengan kepraktisan dalam penyajian serta keragaman jenis kopi dan cita rasa yang sesuai dengan selera konsumen. Kabupaten Temanggung merupakan produsen kopi robusta dan arabika terbesar di Jawa Tengah dan menjadi jenis kopi single origin yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Kota Surakarta di coffee shop.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut kopi Temanggung yang menjadi preferensi konsumen dalam pembelian kopi Temanggung dan mengetahui atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam pembelian kopi Temanggung di coffee shop Kota Surakarta.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analitis. Penelitian ini dilakukan di lima coffee shop di Kota Surakarta. Pemilihan lokasi penelitian dan pengambilan sampel dilakukan secara sengaja (purposive). Jenis dan sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan pencatatan. Pada penelitian ini analisis dilakukan dengan menggunakan metode Chi Square dan analisis multiatribut Fishbein.
Hasil analisis Chi Square menunjukkan bahwa atribut yang diteliti signifikan pada taraf kepercayaan 95%, yang berarti terdapat perbedaan preferensi konsumen terhadap atribut kopi Temanggung. Kategori atribut yang menjadi preferensi konsumen kopi Temanggung di coffee shop Kota Surakarta adalah jenis kopi Temanggung jenis arabika, harga sedang, aroma lembut, rasa pahit dan teknik penyajian kopi murni tanpa dicampur apapun. Hasil analisis multiatribut Fishbein menunjukkan bahwa atribut kopi Temanggung yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan pembelian kopi Temanggung di coffee shop Kota Surakarta adalah atribut rasa. Saran yang dapat diberikan kepada produsen dan coffee shop di Kota Surakarta adalah sebaiknya coffee shop yang menjual kopi Temanggung lebih memperhatikan kualitas biji kopi Temanggung yang dijual dan proses penyeduhan sehingga kopi Temanggung yang dijual memiliki rasa pahit.




 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lemb Publikasi_3.pdf
HALAMAN DEPAN SKRIPSI.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Kusnandar, M.Si.
2. Mei Tri Sundari, S.P., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian