Penulis Utama : Syifa Nurul Hayati Yasinda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1215046
Tahun : 2019
Judul : Kajian sosiologi sastra dan nilai pendidikan karakter pada kumpulan cerita kukila karya M. Aan Mansyur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Bahasa Indonesia-K1215046-2019
Subyek : PENDIDIKAN KARAKTER
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mendeskripsikan latar belakang pengarang  dalam penciptaan kumpulan  cerita  Kukila; kedua,  mendeskripsikan masalah sosial yang terdapat dalam kumpulan cerita Kukila karya M. Aan Mansyur; ketiga, mendeskripsikan tanggapan komunitas pembaca terhadap kumpulan cerita Kukila karya M. Aan Mansyur; keempat, mendeskripsikan nilai pendidikan karakter pada kumpulan cerita Kukila karya M. Aan Mansyur.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi sastra. Sumber data berasal dari sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yaitu kumpulan cerita Kukila Karya M. Aan Mansyur , sedangkan sumber data sekunder yaitu, informan, artikel serta internet. Informan adalah narasumber yang telah diwawancara dan memberikan tanggapannya, artikel dan internet untuk mengetahui profil pengarang, dan latar belakang penciptaan karya M. Aan Mansyur. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah reduksi data dan analisis dukumen. Teknik validitas data yang digunakan adalah metode triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif (interaktictive model of analysis) dengan tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil yang didapatkan peneliti adalah (1) Proses kreatif atau latar belakang pengarang dalam penciptaan karyanya dimulai dari SD. M. Aan Mansyur sudah menulis di buku hariannya sejak SD, dan mulai memutuskan berkarir  menjadi penulis pada saat ia berada di bangku kuliah tahun 2001, dan pada tahun 2005 M. Aan Mansyur telah menerbitkan karyanya; (2) Masalah sosial dalam ke-3 cerita Kukila terdapat 5 masalah sosial. Masalah sosial dalam ke-3 cerita Kukila yang jumlah sangat tinggi terdapat pada masalah lingkungan hidup. (3) Pembaca ideal dan pembaca biasa setuju bahwa cerita ke-3 cerita yang terdapat dalam Kukila bagus, cerita yang diajikan sebagian besar tentang kehidupan masyarakat sehari- hari yang sering terjadi di sekeliling kita. Ke-3 cerita tersebut juga mengandung masalah sosial sebagai pembelajaran atau pengetahuan pembaca, serta terdapat nilai pendidikan karakter yang bisa diambil positifnya untuk para pembaca dan peserta didik.; (4) Nilai pendidikan karakter dalam ke-3 cerita Kukila terdapat 11 nilai pendidikan karakter.

Kata kunci: cerpen, sosiologi sastra, latar penciptaan karya, masalah sosial, tanggapan pembaca, nilai pendidikan karakter

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. RR Elisabeth Nugraheni Eko Wardani S. S,M.Hum,
2. Budi Waluyo S. S., M.Pd,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP