Penulis Utama : Rr Chusnul Chotimah A.
NIM / NIP : S851602034
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui manakah yang menghasilkan pemecahan masalah dan motivasi siswa yang lebih baik antara model pembelajaran kooperatif TTW, NHT, atau model pembelajaran langsung pada materi pokok trigonometri; 2) mengetahui manakah yang menghasilkan pemecahan masalah dan motivasi siswa yang lebih baik antara siswa dengan gaya kognitif FI dan FD pada materi pokok trigonometri; 3) mengetahui pada masing-masing model pembelajaran, gaya kognitif manakah yang menghasilkan p pemecahan masalah dan motivasi siswa yang lebih baik pada materi pokok trigonometri; 4) mengetahui pada masing-masing gaya kognitif, model pembelajaran manakah yang menghasilkan pemecahan masalah dan motivasi siswa yang lebih baik pada materi pokok trigonometri.
 Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK di Kabupaten Purworejo. Sampel yang digunakan yaitu 9 kelas dengan jumlah total siswa kesembilan kelas tersebut adalah 274 siswa. Penelitian ini menggunakan stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pemecahan masalah, angket motivasi dan GEFT. Sebelum digunakan untuk pengambilan data, instrumen tes pemecahan masalah dan angket motivasi terlebih dahulu diujicobakan. Uji keseimbangan menggunakan analisis variansi multivariat satu jalan dengan sel tak sama. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi multivariat dua jalan dengan sel tak sama, uji lanjut menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, dan uji komparasi ganda dengan metode Scheffe.
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran TTW dan NHT menghasilkan pemecahan masalah dan motivasi yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, model pembelajaran TTW menghasilkan pemecahan masalah yang sama baiknya dan model pembelajaran NHT menghasilkan motivasi yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran TTW; (2) siswa dengan gaya kognitif FI mempunyai pemecahan masalah dan motivasi yang lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya kognitif FD; (3) Pada pemecahan masalah dan motivasi, untuk masing-masing model pembelajaran (NHT, TTW dan langsung) diperoleh hasil bahwa siswa dengan gaya kognitif FI memiliki pemecahan masalah dan motivasi yang lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya kognitif FD dan (4) pada pemecahan masalah untuk masing-masing gaya kognitif (FI dan FD), model pembelajaran TTW dan NHT menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung, model pembelajaran TTW menghasilkan pemecahan masalah yang sama baiknya dengan model pembelajaran NHT, kemudian pada motivasi untuk masing-masing gaya kognitif (FI dan FD), model pembelajaran TTW dan NHT menghasilkan motivasi yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran langsung, serta model pembelajaran NHT lebih baik dibandingkan model pembelajaran TTW.

Kata Kunci : pemecahan masalah, motivasi siswa, model pembelajaran kooperatif NHT dan TTW, gaya kognitif

×
Penulis Utama : Rr Chusnul Chotimah A.
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851602034
Tahun : 2018
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TTW dan NHT terhadap Pemecahan Masalah dan Motivasi Ditinjau dari Gaya Kognitif Kelas X SMK Kabupaten Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Matematika-S851602034-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si.
2. Dr. Dewi Retno Sari Saputro, M.Kom.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.