Penulis Utama : Thalafrilian Kreshna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I 8216024
Tahun : 2019
Judul : PEMANFAATAN LIMBAH MARMER, LIMBAH KAWAT, DAN ABU AMPAS TEBU DALAM PENERAPAN BETON SERAT YANG RAMAH LINGKUNGAN DAN EKONOMIS SEBAGAI PERKERASAN JALAN LINGKUNGAN PEDESAAN
Edisi :
Imprint : Surakarta - FAk. Teknik - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-Jur. Teknik Sipil-I 8216024 -2019
Subyek : LIMBAH MARMER, LIMBAH KAWAT, ABU AMPAS TEBU, KUAT TEKAN, RAMAH LINGKUNGAN, EKONOMIS.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Akhir-akhir ini penggunaan limbah buangan sering dimanfaatkan sebagai bahan tambah pada
campuran beton. Berbagai jenis limbah yang sering digunakan sebagai bahan tambah campuran beton misanya abu ampas tebu, limbah marmer, limbah kawat, dan lain lain. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui mix desain beton serat tepat rancang 50 MPa pada umur 28 hari.   Pada penelitian ini pemanfaatan abu ampas tebu tidak hanya untuk kepentingan bahan bangunan, tetapi juga merupakan usaha untuk membantu menanggulangi masalah lingkungan, Abu Ampas Tebu  sebagian besar unsur utamanya adalah Silica yang dapat mencemari lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan, dan penggunaan beton serat dapat mengatasi sifat sifat kurang baik dari beton yaitu adalah meningkatkan kuat lentur beton dan daktilitas dari beton, dan penambahan serat dapat menahan retak yang sering terjadi pada beton konvensional.  
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental. Penelitian  dilakukan di laboratorium Konstruksi Dasar Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret Surakarta. Bahan yang digunakan terdiri dari Semem OPC tipe 1  merk Semen Indonesia, agregat halus berasal dari Kali Progo Yogyakarta, agregat kasar berupa batu pecah dari Sentolo Yogyakarta dan agregat kasar berupa marmer dari CV. Solo Marmer, bahan abu ampas tebu diperoleh dari PG Tasikmadu Karanganyar, bahan kawat diperoleh dari limbah bangunan, air tanah dari laboratorium Universitas Sebelas Maret Surakarta.  
 
Dari hasil penelitian diperoleh desain campuran beton serat yang ekonmis dan ramah lingkungan dengan penggunaan abu ampas tebu pada kuat tekan 50 MPa pada umur 28 hari untuk tiap m adalah agregat halus (pasir Kaliprogo) = 699,8 kg; agregat kasar (kerikil Sentolo) = 399,9 kg; agregat kasar (limbah marmer) = 399,8 kg; semen = 633,3 kg; abu ampas tebu = 31,66 kg; air = 190 liter dan desain campuran beton ini direkomendasikan untuk konstruksi jalan pedesaan, yang diperkirakan dapat menghemat Rp. 36.559.125,00./ km.
Kata kunci: limbah marmer, limbah kawat, abu ampas tebu, kuat tekan, ramah lingkungan,
ekonomis.
 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
bab 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
lembar pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Handayani , S.T., M.T.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik