Penulis Utama : Donny Jati Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A131508020
Tahun : 2019
Judul : Kontribusi Komitmen Perusahaan dalam Penerapan Sistem Manajemen Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lingkungan terhadap Kinerja Lingkungan Perusahaan Menuju Industri Hijau
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Lingkungan-A131508020 -2019
Subyek : KOMITMEN, KINERJA, LINGKUNGAN, PERUSAHAAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Kinerja lingkungan dari suatu perusahaan semakin penting bagi pihak terkait di lingkungan internal dan eksternal. Untuk mencapai kinerja lingkungan yang baik diperlukan komitmen perusahaan untuk melakukan pendekatan sistematik dan penyempurnaan yang berkelanjutan dalam suatu sistem manajemen lingkungan. Masalah lingkungan mempunyai implikasi penting yang terus meningkat bagi perusahaan dan organisasi lainnya, tergantung pada bagaimana reaksi pada perusahaan tersebut. Kemampuan perusahaan dalam mengelola kinerja lingkungan menjadi isu strategis bagi banyak perusahaan di dunia, karena lingkungan saat ini sebagai asset untuk memberikan nilai perusahaan.
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh informasi tentang komitmen perusahaan, penerapan SMK3L, dorongan penerapan SMK3L dalam mempengaruhi kinerja lingkungan perusahaan. Serta mencari strategi yang dapat dilakukan perusahaan dalam meningkatkan linerja lingkungan di perusahaan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui kuesioner dari karyawan, obeservasi dan wawancara mendalam. Kemudian data dikumpulka dan diolah dengan uji validitas, reabilitas, dan linearitas dengan menggunakan orogram SPSS. Sedangkan untuk mendapatkan strategi dalam peningkatan kinerja lingkungan perusahaan digunakan analisis SWOT melalui perhitungan EFAS dan IFAS.
Hasil dari penelitian ini adalah nilai r pada uji korelasi yang didapat sebesar 0.843, komitmen penerapan SMK3L, penerapan SMK3L, dan dorongan penerapan SMK3L memiliki hubungan yang sangat erat/kuat dengan kinerja lingkungan perusahaan. Sedangkan hasil dari analisa SWOT menunjukkan Hasil perhitungan EFAS diperoleh data peluang (opportunity) yang besar pada inisiatif lingkungan berupa program CSR perusahaan yaitu dengan skor 90,6% sebagai peringkat pertama. Pada peringkat kedua  dengan skor 82,89% peluang meminimalkan penggunaan sumber daya alam sebagai bahan pembantu proses. Kemudian hasil perhitungan IFAS dengan skor kekuatan 80,96%. Perusahaan dapat terus melakukan upaya penghematan energi, pemakaian listrik, air, bahan bakar, audit energi dan evaluasi terhadap kinerja perusahaan.
Kesimpulannya adalah komitmen perusahaan, penerapan SMK3L, dan dorongan penerapan SMK3L terhadap kinerja lingkungan mmpengaruhi kinerja lingkungan perusahaan. Perusahaan juga masih memiliki peluang dalam meningkatkan kinerja lingkungan perusahaan melalui strategi CSR perusahaan, meminimalkan penggunaan sumber daya alam, dan upaya penghematan energi, pemakaian listrik, air, bahan bakar, dan audit proses.

Kata Kunci : komitmen, kinerja, lingkungan, perusahaan

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I .pdf
BAB II .pdf
BAB III .pdf
BAB IV .pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prabang Setyono, M.Si.
2. Prof.Dr. Okid Parama Astirin, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana