Penulis Utama : Fajar Arif Indrajaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121608017
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Media Latihan Teknik Dasar Olahraga Gateball Berbasis Adobe Flash Player (Studi Pengembangan Media Latihan Teknik Dasar Gateball pada Klub Gateball di Kota Semarang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Ilmu Keolahragaan-A121608017-2019
Subyek : GATEBALL, TEKNIK DASAR, MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Olahraga gateball adalah permainan yang menggunakan alat pemukul bola (stick), yang berbentuk seperti palu yang berlomba untuk memasukkan bola ke dalam 3 (tiga) gawang dan mengenai sebuah pin. Banyak pemain klub gateball yang kurang menguasai teknik dasar gateball. Model latihan yang hanya bersifat konvensional membuat pemain menjadi mudah bosan dan sulit memahami, sehingga diperlukan model latihan teknik dasar baru yang berbasis media Adobe Flash Player agar lebih menarik dan mudah dipahami. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media latihan teknik dasar gateball berbasis adobe flash player yang dapat membantu pelatih, pembina, dan pemain pada klub gateball di Kota Semarang sehingga latihan teknik dasar gateball dapat berjalan dengan efektif, efisien, dan menyenangkan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall. Adapun langkah-langkah penelitian pengembangan yang dilakukan Borg & Gall yakni: (1) penelitian dan pengumpulan data (research and information collection), (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) merevisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan, (7) penyempurnaan produk hasil uji lapangan, (8) uji pelaksanaan lapangan, dan (9) penyempurnaan produk akhir, (10) desiminasi dan implementasi.
Berdasarkan tahapan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall maka didapatkan hasil sebagai berikut. Penilaian dan validasi ahli media pada media latihan cukup valid dengan persentase  69%. Penilaian dan validasi ahli materi menunjukkan media latihan valid dengan persentase 95%. Penilaian dan validasi dari ahli praktisi menunjukkan media termasuk kategori cukup valid dengan persentase 77,5%. Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan media latihan cukup valid dengan nilai 78,54%. Hasil uji coba kelompok besar menunjukkan media latihan valid dengan nilai 80,27%. Pada uji operasional menunjukkan bahwa media termasuk kategori sangat baik dengan rerata 4,58. Pada uji efektivitas produk diberlakukan pre-test dan post-test terhadap kelompok kontrol dan kelompok perlakuan. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa media latihan memiliki keefektifan yang signifikan dengan nilai signifikansi 0,01 < 0>Kesimpulan pada penelitian ini adalah produk media latihan teknik dasar gateball berbasis adobe flash player terbukti layak dan efektif meningkatkan ketrampilan teknik dasar olahraga gateball pada klub olahraga gateball di Kota Semarang.

Kata Kunci : Gateball, Teknik Dasar, Media Pembelajaran Interaktif

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana