Penulis Utama : Atmananda Putranto
NIM / NIP : C9414007
×

ABSTRAK

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana potensi Sungai Pepe sebagai destinasi wisata air di Kota Surakarta ? (2)Kendala apa saja yang menghambat pengembangan Sungai Pepe sebagai wisata air susur sungai ? (3) Bagaimana strategi pengembangan Sungai Pepe sebagai destinasi wisata air di kota Surakarta ?Tujuan penelitian ini (1) Untuk mengetahui potensi Sungai Pepe sebagai destinasi wisata air di Kota Surakarta. (2) Untuk mengetahui kendala apa saja yang menghambat pengembangan Sungai Pepe sebagai wisata air susur sungai. (3) Untuk mengetahui strategi pengembangan Sungai Pepe sebagai destinasi wisata air di Kota Surakarta.

Penulisan Laporan Tugas Akhir ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi ke Sungai Pepe yang membentang dari Kelurahan Gilingan, Kelurahan Ketelan, Kelurahan Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Surakarta. Metodewawancara denganKepala Bidang Destinasi di DinasPariwisata Surakarta, Konsultan Pokdarwis, Lurah di Kelurahan Sudiroprajan, Gilingan, Ketelan, dan Sangkrah. Metode studipustaka. Metode studi dokumen berupa DED (Detail Engineering Design) Sungai Pepe yang didapatkan dari Kelurahan Sudiroprajan.

Hasil penelitian ini menjelaskan mengenai latarbelakang Sungai Pepe dan potensi Sungai Pepe menjadi wisata air di Kota Surakarta dengan menggunakan pendekatan komponen pariwisata 4A yang ditambah dengan pembahasan potensi Sungai Pepe dilihat dari sejarah, struktursungai, dan peranpenting Sungai Pepe bagi masyarakat Kota Surakarta.Selain itu penelitian ini juga membahas kendala dan strategi pengembangan Sungai Pepe dan event susur Sungai Pepe di Kelurahan Sudiroprajan.

Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa latarbelakang Sungai Pepe dapat menjadi wisata air di Kota Surakarta karena Sungai Pepe mengalir kepusat kota yang membentang dari Kelurahan Gilingan, Ketelan, Sudiroprajan, dan Sangkrah sehingga dapat dikemas menjadi wisata susur sungai. Berdasarkan analisis komponen pariwisata 4A menunjukkan bahwa atraksi yang dimiliki mengalir di pusat kota dan tempat bersejarah. Aksesbilitas memiliki akses dan kondisi jalan yang baik. Namun promosi belum dilakukan secaramaksimal. Amenitas sangatlengkap. Ancilliary hanya organisasi Kelurahan Sudiroprajan yang mengelola Sungai Pepe. Selain itu, Sungai Pepe memiliki potensi wisata air dilihat dari sejarah, struktur sungai, dan peran penting Sungai Pepe bagi masyarakat Kota Surakarta. Kendala yang dihadapi memiliki debit air, mengalir di sekitar pemukiman warga, dan kurangnya pengelolaan sungai Pepe pada setiap kelurahan. Strategi pengembangan Sungai Pepe masih dalam proses persiapan pembangunan revitalisasi dan konsep tata ruang wisata susur Sungai Pepe. 

×
Penulis Utama : Atmananda Putranto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C9414007
Tahun : 2017
Judul : Potensi Wisata Air Sungai Pepe di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu dan Budaya - 2017
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu dan Budaya Prog. DIII Usaha Perjalanan Wisata-C9414007-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Insiwi Febriary S, SS, MA.
2. Drs. Sri Agus, M Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.