Penulis Utama : Lastry Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014136
Tahun : 2017
Judul : Hubungan kualitas Antenatal Care dengan penemuan kehamilan risiko tinggi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0014136-2017
Subyek : ANTENATAL CARE
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar belakang: Kehamilan merupakan masa penting dalam menentukan kelancaran proses persalinan dan kesehatan bayi. Angka kematian ibu (AKI) dapat menggambarkan status gizi dan kesehatan ibu, kondisi kesehatan lingkungan dan tingkat pelayanan kesehatan yang didapatkan ibu selama kehamilan, persalinan dan menyusui. AKI di Indonesia yaitu 359 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2012 dan AKI di Surakarta yaitu 71,35 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2014. Angka tersebut masih tergolong tinggi dibanding negara atau kota lain. Salah satu cara untuk menurunkan mortalitas dan morbiditas ibu dan bayi adalah Antenatal Care yang berkualitas. Perlunya mengetahui hubungan kualitas Antenatal Care  dengan penemuan kehamilan risiko tinggi menjadi landasan peneliti untuk melakukan penelitian. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan bukti empiris dan informasi ilmiah mengenai hubungan kualitas Antenatal Care dengan penemuan kehamilan risiko tinggi.
 
Metode: Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan di Puskesmas Ngoresan, Pucang sawit, dan Sibela, pada Oktober-November 2017. Besar sampel berjumlah 60 orang ibu hamil trimester III yang dipilih melalui consecutive sampling dan sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan. Data diperoleh dari pengisian kuesioner oleh responden dan hasil pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh bidan. Data yang didapat diuji menggunakan analisis Chi-Square (X) dan analisis regresi logistik ganda.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan kualitas Antenatal Care (p= 0,021 dan OR= 4,153) dan status ekonomi (p=0,021 dan  OR=4,164) dengan penemuan kehamilan risiko tinggi. Dalam uji Chi-Square, tingkat pendidikan tidak memiliki hubungan dengan penemuan kehamilan risiko tinggi (p=0,192)
 
Simpulan: Terdapat hubungan kualitas Antenatal Care  dengan penemuan kehamilan risiko tinggi yang signifikan (p=0,021). Kualitas Antenatal Care dan status ekonomi secara bersama-sama mempengaruhi penemuan kehamilan risiko tinggi.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
SURAT PERNYATAAN.pdf
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Diffah Hanim, Dra., M.Si
2. Lukman Aryoseto, dr.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran