Penulis Utama : Benedekta Noviana Puspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0413009
Tahun : 2017
Judul : Analisis Kontribusi Ekspor Industri Tekstil dan Produk Tekstil (Tpt) Indonesia ke Senegal (2010-2014) Terhadap Perkembangan Hubungan Bilateral Kedua Negara
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Hubungan Internasional-D0413009-2017
Subyek : EKSPOR-IMPOR, TEKSTIL DAN PRODUK TEKSTIL, HUBUNGAN BILATERAL, INDONESIA DAN SENEGAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Industri yang selama ini menjadi komiditi utama bagi Indonesia adalah industri Tekstil dan Produk Tekstil (TPT). Sebagai salah satu negara produsen dan eksportir produk–produk tekstil, Indonesia memandang bahwa perdagangan dunia merupakan peluang yang cukup terbuka bagi kegiatan ekspor produk–produk tekstil. Senegal merupakan salah satu negara yang memiliki   minat   terhadap   produk   tekstil   Indonesia.   Produk   tekstil   juga merupakan salah satu sektor utama dalam komoditas impor Senegal. Produk garmen buatan Indonesia dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko di kawasan pusat perdagangan garmen Sandaga di Dakar yang dibeli dari Indonesia. Menurut pelaku bisnis yang mengembangkan perdagangan ke Senegal menilai bahwa Senegal merupakan wilayah teraman dan terkondusif untuk mengembangkan bisnis di Afrika Barat dan Sub Sahara. Peluang tersebut dapat dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memasuki pasar negara – negara di Afrika Barat. Melalui pasar Senegal, produk – produk Indonesia juga dapat memasuki pasar di negara – negara lain di wilayah Afrika Barat. Adanya peluang dalam  meningkatkan  ekspor  ke Senegal  merupakan langkah  strategis  untuk meningkatkan intensitas hubungan bilateral kedua negara.

Penelitian ini sendiri bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh ekspor industri tekstil dan produk tekstil (TPT) Indonesia ke Senegal terhadap perkembangan hubungan bilateral kedua negara, serta kerjasama – kerjasama yang terjalin antara Indonesia dan Senegal. Sementara untuk menjelaskan subjek penelitian tersebut, penelitian ini akan menggunakan paradigma  neorelisme  dan  metode  penelitian deskripstif  kualitatif.  Sebagai hasil dari penelitian ini, disimpulkan bahwa ekspor industri tekstil dan produk tekstil Indonesia ke Senegal telah berkontribusi memberikan keuntungan bagi negara   dan   mengenalkan   nama   Indonesia   kepada   masyarakat   Senegal, sehingga dapat memudahkan produk–produk Indonesia untuk memasuki pasar Senegal, dan diikuti dengan perkembangan hubungan bilateral Indonesia yang meningkat melalui kerjasama – kerjasama di berbagai sektor potensial.

Kata kunci: ekspor-impor, tekstil dan produk tekstil, hubungan bilateral, Indonesia dan Senegal

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ign. Agung Satyawan, SE, S.Ikom, M.Si, Ph. D
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP