Penulis Utama : Mas Wardah Aliyatur Rachmah
NIM / NIP : G0014151
×

Latar Belakang: Preeklampsia berat merupakan gangguan hipertensi pada kehamilan, menempati posisi kedua setelah perdarahan sebagai penyebab utama tingginya angka kematian ibu di Indonesia. Banyaknya kematian yang diakibatkan oleh preeklampsia berat dapat dihindari dengan menyediakan perawatan berkala dan efektif bagi ibu hamil. Perawatan dalam bentuk antenatal care yang rutin merupakan upaya deteksi awal dan pengobatan berkala dari preeklampsia berat. Frekuensi antenatal care <4>Metode: Telah dilakukan penelitian observasional analitik dengan pendekatan case control. Total 60 subjek yang terdiri atas 30 subjek di RSUD Dr. Moewardi sebagai kelompok kasus dan 30 subjek di Puskesmas dengan PONED di Surakarta sebagai kelompok kontrol telah diobservasi. Subjek penelitian yang sesuai kriteria telah dikumpulkan dengan teknik consecutive sampling. Data didapatkan dengan metode wawancara dan dianalisis dengan menggunakan uji Fisher.
Hasil: Data pada 60 subjek penelitian dianalis dengan uji hipotesis Fisher dan didapatkan hasil p = 1,00. Hasil ini menunjukkan bahwa tidak ada korelasi yang bermakna secara statistik antara frekuensi antenatal care teratur dan insidensi preeklampsia berat. Hasil ini sudah mengontrol variabel perancu yaitu ibu hamil dengan penyakit komorbid dan ibu hamil trimester 1 dan 2.
Simpulan: Tidak ada hubungan yang bermakna antara frekuensi antenatal care teratur dengan insidensi preeklampsia berat. Namun dari indikator usia ibu, didapatkan hubungan yang bermakna secara statistik terhadap insidensi preeklampsia berat.

 

×
Penulis Utama : Mas Wardah Aliyatur Rachmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014151
Tahun : 2017
Judul : Hubungan antara Frekuensi Antenatal Care Teratur dengan Insidensi Preeklampsia Berat
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0014151-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetrisno, dr., Sp.OG(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.