Penulis Utama : Arinda Tiara Sukma
NIM / NIP : F3414008
×

ABSTRAK


ANALISIS EFEKTIVITAS PENERIMANAAN PAJAK REKLAME TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI SURAKARTA

 


ARINDA TIARA SUKMA F3414008

 

Dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Surakarta, pajak daerah adalah salah satu penunjangnya. Sebagai penunjang peningkatan PAD di Surakarta, salah satu sumber pajak daerah yang berkontribusi dalam meningkatkan PAD adalah pajak reklame. Pajak reklame di Surakarta dapat dikatakan sudah sangat efektif, serta peranannya dalam PAD cukup baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya kontribusi pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah di Surakarta serta seberapa besar tingkat efektivitas pajak reklame tersebut.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan analisis data sekunder. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Surakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukan peningkatan pada kontribusi pajak reklame di tahun 2014 hingga 2015, namun juga mengalami penurunan di tahun 2016. Selain itu efektivitas pajak reklame terhadap Pendapatan Asli Daerah berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menunjukan angka presentase di atas 100%. Dalam hal ini dapat diartikan bahwa pajak reklame sangatlah efektif.

Untuk meningkatkan kontribusi pajak reklame, perlu dilakukan pendataan kembali terhadap subjek dan objek pajak reklame agar dapat diketahui potensi pajak reklame yang sebenarnya. Selain itu perlu diadakan sosialisasi terhadap masyarakat terutama subjek pajak reklame agar penyelenggaraan reklame dapat berjalan sesuai peraturan yang telah ditetapkan.

Kata Kunci : Pajak Reklame, PAD, Efektivitas, BPPKAD

×
Penulis Utama : Arinda Tiara Sukma
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3414008
Tahun : 2017
Judul : Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Reklame Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad) Di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-FEB-D3 Perpajakan-F3414008-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putri Nugrahaningsih, SE., M.Ak, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.