Penulis Utama : Adita Relatama Ariviana
NIM / NIP : F3114002
×

ABSTRAKSI
<!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
<!--[endif]-->

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi tingkat efisiensi dari penggunaan bahan baku new wood dan recycle wood dari pemanfaatan limbah di PT Indo Veneer Utama. Penulis juga mendidentifikasikan biaya produksi per unit yang dikeluarkan perusahaan untuk produk winton sling armchair dan proses produksi yang dilakukan PT Indo Veneer Utama dengan bahan new wood maupun recycle wood.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan analisis perbandingan. Metode deskriptif untuk membahas data kualitatif yaitu data dan informasi mengenai penjelasan gambaran umum perusahaan serta proses produksi yang berlangsung dan metode analisis perbandingan untuk membahas data kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer seperti data surat perintah kerja, sales contract, dan harga bahan baku yang diperoleh dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data kedua berupa data sekunder yang didapatkan dari buku cetak, artikel dan jurnal. Tahapan teknik pengolahan data penelitian ini menggunakan variabel efisiensi produksi penggunaan bahan baku  dengan indikator selisih realisasi biaya produksi dengan anggaran biaya produksi.

Hasil dari penelitian ini adalah tingkat efisiensi yang dicapai PT Indo Veneer Utama dengan recycle wood dari pemanfaatlan limbah lebih  menunjukkan tingkat efisiensi yang besar dibandingkan dengan new wood. Biaya produksi dengan recycle wood pemanfaatan limbah lebih dapat menekan biaya dibandingkan dengan new wood. 

Kata kunci : Pemanfaatan limbah, Proses Produksi, Biaya Produksi, Efisiensi.

 

×
Penulis Utama : Adita Relatama Ariviana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3114002
Tahun : 2017
Judul : Efisiensi upaya Penekanan Biaya Produksi dengan Pemanfaatan Limbah di Pt Indo Veneer Utama
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. EKonomi Dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak EKonomi Dan Bisnis-Prodi Manajemen Perdagangan-F3114002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mulyadi, SE., M.Ec. Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.