Penulis Utama : Anisa Laily Fitriani
NIM / NIP : F3114010
×

ABSTRAK
<!--[if !supportLineBreakNewLine]-->
<!--[endif]-->

Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui kerugian akibat kesalahan pengiriman empty container ke gudang eksportir pada PT. Arindo jaya mandiri yang bergerak dibidang freight forwading sekaligus EMKL. PT. Arindo Jaya Mandiri melakukan tugasnya dari mulai menyiapkan dokumen untuk pengambilan container dan menyiapkan trucking untuk memuat container untuk di kirim ke gudang eksportir hingga menukarkan container yang berlubang, mengurus dokumen untuk open closing dan gerakan extra di TPKS sekaligus membayar biaya-biaya yang timbul.
Metode yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir adalah studi kasus yaitu mengambil salah satu objek tertentu untuk diulas dan dianalisa secara mendalam dan memfokuskan pada satu titik masalah. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi langsung di lapangan pada saat magang dengan cara mewawancarai staff PT. Arindo Jaya Mandiri yang menangani langsung kesalahan pengiriman empty container ke gudang ekspotir yang mengakibatkan kerugian perusahaan. Data sekunder diperoleh dari buku maupun sumber bacaan lainnya yang berhubungan dengan transportasi dan petikemas / container.
Hasil penelitian menunjukkan PT. Arindo Jaya Mandiri selaku EMKL yang diminta oleh shipper yakni PT. Hanil Indonesia menyewa trucking untuk melakukan pengambilan empty container di depo. Setelah pengiriman dilakukan ada kesalahhan yang muncul yakni pada saat container sudah sampai di gudang eksportir container tersebut berlubang dan perusahaan PT. Hanil Indonesia menolak untuk stuffing dan meminta untuk menukar container. Kesalahan tersebut kelalaian dari PT. Arindo Jaya Mandiri Semarang yang tidak melakukan pengecekan container sebelum dikirim ke gudang eksportir. Dampak lain dari kesalahan pengiriman empty container tersebut adalah kerugian waktu, berkurangnya kepercayaan pelanggan, terkena open closing, terkena gerakan extra dan biaya-biaya yang timbul akan ditanggung oleh PT. Arindo Jaya Mandiri. 

Kata Kunci : Kesalahan Pengiriman Empty Container

 

×
Penulis Utama : Anisa Laily Fitriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3114010
Tahun : 2017
Judul : Kerugian Akibat Kesalahan Pengiriman Empty Container ke Gudang Ekspor ( Studi Kasus Pt Arindo Jaya Mandiri Semarang )
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. EKonomi Dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak EKonomi Dan Bisnis-Prodi Manajemen Perdagangan-F3114010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Arif Rahman Hakim, SE.,M.Ec.Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.