Penulis Utama : Rizki Fitria Setyaningtyas
NIM / NIP : S831402069
×

Pentingnya literasi sains berhubungan dengan bagaimana siswa mampu menggunakan kemampuan berpikir secara ilmiah dan menggunakan pengetahuan serta proses sains dalam memahami suatu fenomena sehingga mampu mengambil keputusan untuk memecahkan masalah. Literasi sains dapat diberdayakan menggunakan model pembelajaran guided discovery dengan modul sebagai bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi sains siswa SD dengan modul IPA berbasis guided discovery pada tema energi listrik.

Penelitian ini menggunakan metode pengembangan Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model Borg & Gall, teknik analisis menggunakan metode deskriptif-kualitatif berdasarkan skor kriteria, sedangkan uji coba lapangan menggunakan pre eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Data kemampuan literasi sains dihitung dengan uji Wilcoxon dan gain ternormalisasi.

Kesimpulan: (1) pengembangan modul IPA berbasis guided discovery dengan tahapan pembelajaran: stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan menarik kesimpulan untuk meningkatkan literasi sains, (2) modul memenuhi kriteria layak digunakan dalam pembelajaran dari hasil validasi ahli materi, ahli media, praktisi pendidikan, teman sejawat serta melalui uji terbatas dan uji operasional dengan kategori sangat baik, (3) implementasi modul IPA berbasis guided discovery efektif digunakan untuk meningkatkan literasi sains berdasarkan uji operasional di SD Negeri 1 Ragatunjung dengan perolehan gains skor sebesar 0,56 dengan kategori sedang.

Kata Kunci: modul IPA, guided discovery, literasi sains, Gain score.

×
Penulis Utama : Rizki Fitria Setyaningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831402069
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan modul IPA berbasis guided discovery tema energi listrik untuk meningkatkan literasi sains siswa SD/MI kelas VI
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Magister Pendidikan Sains- S831402069-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto., M.Si.,
2. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.