Penulis Utama : Musfik Wahyu Sofiyulloh
NIM / NIP : K7115111
×

Abstrak :

Tujuan penelitian ini yaitu: (1)mendiskripsikan penerapan pendekatan saintifik dengan media video dalam peningkatan pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku; (2) meningkatkan pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Kutosari tahun ajaran 2018/2019; dan (3) mendeskripsikan kendala dansolusi yang dihadapi pada penerapan pendekatan saintifik dengan media video pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Kutosari tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Subjek penelitian ini ialah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Kutosariberjumlah 43 siswa. Sumber data pada penelitian ini yaitu siswa, guru, dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan nontes. Validasi data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah penerapan pendekatan saintifik dengan media video, yaitu: mengamati video,menanya berdasarkan video, mengumpulkan informasi berdasarkan video, menalar, dan mengkomunikasikan; (2)penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku. Hal ini dibuktikan dengan persentase ketuntasan proses belajar IPS dengan KKM 75 pada padasiklus I sebesar 65,11%, siklus II 82,55%, dansiklus III 96,51%.Kemudian, ketuntasanhasilbelajar IPS dengan KKM 75 padasiklus I sebesar63,96%, siklus II 83,73%, dansiklus III 93,03%;(3) kendala yang dihadapi, yaitu: siswa belum menemukan hal-hal yang harus ditanyakan, siswa belum antusias dalam mencari informasi, beberapa siswa belum aktif menyampaikan pendapat, siswa kurang percaya diri ketika mempresentasikan dan menanggapi hasil diskusi,  perhatian guru sulit menjangkau semua siswa.Solusi yang dilakukan, yaitu: guru memberikan stimulus dan bimbingan kepada siswa supaya bertanya, guru dan siswa memanfaatkan berbagai sumber buku yang ada,guru merangasang siswa agar mau berpendapat, guru memberikan motivasi kepada siswa agar bersedia mempresentasikan dan menanggapi hasil diskusi dari kelompok lain, guru berkeliling ke tiap-tiap kelompok secara merata. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan media video dapat meningkatkan pembelajaran IPS tema Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Kutosari tahun ajaran 2018/2019.
Kata kunci: pendekatan saintifik, media video, pembelajaran IPS

×
Penulis Utama : Musfik Wahyu Sofiyulloh
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115111
Tahun : 2019
Judul : Penerapan pendekatan saintifik dengan media video dalam peningkatan pembelajaran IPS tema indahnya keragaman di negeriku pada siswa kelas IV SD Negeri 4 Kutosari tahun ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7115111-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh. Chamdani, M.Pd.
2. Drs. Joharman, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.