Penulis Utama : Sara Cahya Pratiwi
NIM / NIP : K5113068
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan behavior contract dalam mengurangi perilaku hiperaktif anak tunalaras kelas IV SLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Penelitian menggunakan metode eksperimen dengan bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A1-B-A2. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 anak tunalaras kelas IV di SLB E Bhina Putera Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian menunjukkan penurunan frekuensi perilaku hiperaktif subjek. Perubahan rata-rata perilaku hiperaktif subjek yaitu dari 43 kali pada fase A1 menjadi 11 kali pada fase B, dan menjadi 20 kali pada fase A2. Berdasarkan estimasi kecenderungan arah, diketahui bahwa frekuensi perilaku subjek meningkat dengan rata-rata frekuensi yang cukup tinggi pada fase baseline-1 (A1), kemudian mengalami penurunan pada fase intervensi (B), dan kembali meningkat pada fase baseline-2 (A2) dengan frekuensi yang lebih rendah dari fase awal.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan behavior contact dapat mengurangi perilaku hiperaktif anak tunalaras kelas IV SLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : behavior contract, perilaku, hiperaktif, tunalaras

×
Penulis Utama : Sara Cahya Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113068
Tahun : 2018
Judul : Penerapan behavior contract untuk mengurangi perilaku hiperaktif anak tunalaras Kelas IV SLB E Bhina Putera Surakarta tahun ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Luar Biasa-K5113068-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Abdul Salim, M.Kes
2. Sugini, S. Pd., M. Pd
Penguji :
Catatan Umum : BAB I dan DAFTAR PUSTAKA tidak ada file.
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.