Penulis Utama : Ema Widiati
NIM / NIP : F0313028
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh antara struktur kepemilikan perusahaan yang terdiri dari kepemilikan manajerial, kepemilikan asing dan kepemilikan institusional serta intensitas research and development dengan luas pengungkapan modal intelektual perusahaan tersebut.

Variabel bebas pengukuran struktur kepemilikan diukur dengan melihat konsentrasi kepemilikan pada masing-masing struktur. Intensitas research and development diukur dengan membandingkan antara total pengeluaran pada akun penelitian dan pengembangan terhadap total aset. Variabel terikat pengungkpaan Intellectual Capital (ICD) diukur dengan 58 item komponen pengungkapan Abdomuhammadi. Penelitian ini mengambil sampel perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015. Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional tidak berpengaruh signifikan, sedangkan kepemilikan asing dan intensitas research and development berpengaruh positif signifikan terhadap luas pengungkapan modal intelektual.

Kata kunci : Struktur Kepemilikan, Research and Development, Modal Intelektual

 

×
Penulis Utama : Ema Widiati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0313028
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Struktur Kepemilikan dan Intensitas Research and Development Terhadap Luas Pengungkapan Modal Intelektual
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. EKonomi Dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak EKonomi Dan Bisnis-Prodi Akuntansi-F0313028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lulus Kurniasih, S.E., M.S., Ak.
2. Christiyaningsih Budiwati S.E., M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.