Penulis Utama : Niken Anggy Purnomo
NIM / NIP : K6415036
×

Abstrak :

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi Komunitas Juang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) dalam menyelenggarakan pendidikan politik untuk memperkuat karakter kewarganegaraan kader di Kabupaten Sukoharjo; 2) Faktor penghambat dan faktor pendukung pelaksanaan strategi Komunitas Juang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) dalam menyelenggarakan pendidikan politik untuk memperkuat karakter kewarganegaraan kader di Kabupaten Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat dan dokumen. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Simpulan hasil penelitian: 1) Strategi Komunitas Juang Partai Demokrasi Indoensia Perjuangan (PDI-Perjuangan) dalam menyelenggarakan pendidikan politik untuk memperkuat karakter kewarganegaraan kader di Kabupetan Sukoharjo dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: a) Pemberian wawasan kebangsaan untuk menguatkan civic knowledge, hal ini diberikan melalui kegiatan bimbingan dan bimbingan gabungan; b) Psicogame, yakni kegiatan permainan didalam maupun diluar rungan untuk melatih civic skill; c) Kegiatan pelantikan untuk menanamkan civic disposition; dan d) Dilibatkan dalam berbagai kegiatan partai politik secara langsung untuk mewujudkan warga negara yang cerdas dan baik (Smart and Good Citizen). 2) Faktor penghambatmeliputi: a) Keterbatasan jumlah Mentor dan Asisten Mentor; b) Daya tahan anggota kader Komunitas Juang PDI-Perjuangan Kabupaten Sukoharjo yang masih kurang; c) Ketertarikan pada politik yang masih kurang; d) Waktu pelaksanaan kegiatan yang kurang terjadwal; e) Proses pencairan dana yang lama. Sedangkan faktor pendorong meliputi: a) Partai PDI-Perjuangan sangat mendukung ketersediaan dana untuk melakukan kegiatan pendidikan politik yang dilakukan Komunitas Juang PDI-Perjuangan; b) Komitmen yang kuat dari Mentor dan Asisten Mentor dalam pengamalan nilai-nilai yang diajarkan sehingga dapat diteladani; c) Publikasi yang masif mengenai Komunitas Juang PDI-Perjuangan; d) Rasa kekeluargaan dan gotong royong seluruh kader Komunitas Juang PDI-Perjuangan yang tinggi.
Kata Kunci : Strategi, Pendidikan Politik, Karakter Kewarganegaraan

 

×
Penulis Utama : Niken Anggy Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415036
Tahun : 2019
Judul : Strategi komunitas juang partai demokrasi Indonesia perjuangan (PDI-Perjuangan) dalam menyelenggarakan pendidikan politik untuk memperkuat karakter kewarganegaraan kader di kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pend. Pancasila dan Kewarganegaraan-K6415036-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Winarno, M.Si.
2. Rima Vien Permata H., SH., MH
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.