Penulis Utama : Dennanda Elpharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H1814003
Tahun : 2017
Judul : Analisis Daya Saing Buah Stroberi di Kabupaten Purbalingga Jawa Tengah (Studi Kasus di Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian-Prodi Agribisnis-H1814003-2017
Subyek : DAYA SAING PENJUALAN, STROBERY, PRODUK DOMESTIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya, penerimaan, pendapatan, kelayakan usahatani stroberi dan daya saing usahatani stroberi di Desa Serang Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga. Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analitis. Metode penentuan lokasi penelitian secara purposive (disengaja) di Desa Serang Kabupaten Purbalingga sesuai tujuan penelitian. Desa serang Kabupaten Purbalingga dipilih sebagai lokasi penelitian karena produksi stroberi di Kabupaten Purbalingga merupakan yang paling tinggi diantara wilayah lain penghasil buah stroberi di Jawa Tengah. Metode pengambilan sampel petani menggunakan Stratified Random Sampling sebanyak 40 responden petani berdasarkan strata luas lahan yang dimiliki oleh petani stroberi. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis usahatani, perhitungan B/C Ratio, dan Analisis Biaya Sumberdaya Domestik (BSD) untuk mengetahui daya saing buah stroberi di Kabupaten Purbalingga menggunakan keunggulan komparatif dan kompetitif. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa total rata-rata biaya mengusahakan usahatani stroberi di Desa Serang sebesar Rp 18.456.217 per usahatani per musim tanam. Rata-rata penerimaan yang diperoleh petani per musim tanam adalah Rp 39.081.320 per usahatani. Rata-rata pendapatan petani dari usahatani stroberi per musim tanam adalah Rp.20.625.102 per usahatani. Kelayakan usahatani yang ditunjukkan dari nilai perbandingan pendapatan dan biaya usahatani sebesar 1,12, yang menunjukan bahwa usahatani stroberi di Desa Serang layak diusahakan. Usahatani stroberi di Desa Serang memiliki daya saing dan mampu memanfaatkan sumberdaya domestik dengan nilai BSD sebesar Rp 6.013,43. Usahatani stroberi memiliki nilai keunggulan komparatif sebesar 0,42 dan keunggulan kompetitif sebesar 0,44 yang berarti bahwa usahatani stroberi efisien secara finansial dan ekonomi serta mampu bersaing di pasar internasional. Hal ini menunjukan bahwa pemenuhan permintaan dalam negeri terhadap komoditi stroberi lebih menguntungkan jika meningkatkan produksi domestik stroberi dalam negeri dibandingkan mengimpor buah stroberi ditinjau dari efisiensi penggunaan sumberdaya domestik yang ada.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
DENNANDA E.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Endang Siti Rahayu, M.S.
2. Mei Tri Sundari, S.P., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian