Penulis Utama : Richo Amiruddin
NIM / NIP : K4412067
×

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan hubungan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Batik 2 Surakarta. 2) Untuk mendeskripsikan hubungan antara pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Batik 2 Surakarta. 3) Untuk mendeskripsikan hubungan antara perhatian orang tua dan pemanfaatan fasilitas belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Batik 2 Surakarta.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Batik 2 Surakarta. Sampel diambil sebanyak 100 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data terdiri dari angket perhatian orang tua, angket pemanfaatan fasilitas belajar dan dokumentasi dari hasil belajar sejarah. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik korelasi product moment. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis diskriminan dan ANOVA.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Ada hubungan positif dan signifikan perhatian orang tua dengan hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Batik 2 Surakarta. Hal ini didasarkan hasil uji t dengan menggunakan prosedur Tukey HSDa,b diperoleh hasil bahwa siswa yang memiliki nilai 60 dan 75 cenderung memiliki skor perhatian orang tua rendah yaitu pada kisaran 60, sedangkan pada siswa yang memiliki nilai 85 cenderung memiliki skor perhatian orang tua tinggi yaitu pada kisaran 65. 2) Ada hubungan positif dan signifikan pemanfaatan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Batik 2 Surakarta. Hal ini didasarkan hasil uji t dengan menggunakan prosedur Tukey HSDa,b diperoleh hasil bahwa siswa yang memiliki nilai 60 memiliki skor fasilitas belajar sedikit lebih rendah dibandingkan lainnya yaitu pada kisaran 57. Pada siswa yang memiliki nilai 75 memiliki skor fasilitas belajar di tengah-tengah yaitu pada kisaran 61. Pada siswa yang memiliki nilai 85 memiliki skor fasilitas belajar sedikit lebih tinggi dibandingkan lainnya yaitu pada kisaran 62. 3) Ada hubungan positif dan signifikan perhatian orang tua dan pemanfaatan fasilitas belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Batik 2 Surakarta. Hal ini didasarkan oleh hasil uji F diketahui bahwa nilai signifikan terhadap hasil belajar sejarah (Y).

Kata kunci : perhatian orang tua, pemanfaatan fasilitas belajar, hasil belajar

 

×
Penulis Utama : Richo Amiruddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4412067
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Batik 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pend. Sejarah-K4412067-2017
Kata Kunci : perhatian orang tua, pemanfaatan fasilitas belajar, hasil belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M. Pd.
2. Dr. Leo Agung S., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.