Penulis Utama : Risky Darmawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Perkembangan kerajinan mebel ukir di Dukuh Danyung Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo tahun 1970-2002 (kajian sejarah sosial ekonomi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0598048-2003
Subyek : KAYU, PENGUKIRAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran mengenai: 1. Latar belakang munculnya kerajinan mebel ukir di Dukuh Danyung Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. 2. Bagaimana perkembangan kerajinan mebel ukir di Dukuh Danyung Desa Kwarasan dari tahun 1970-2002. 3. Peranan dan pengaruh keberadaan industri kecil mebel ukir terhadap kehidupan masyarakatnya terutama dari segi sosiall ekonominya.

Dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi heuristik, kritik sumber, interprestasi dan historiografi yang dituangkan dalam bentuk penelitian yang berupa penulisan bersifat deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan studi dokumen, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Studi dokumen sebagai bukti untuk suatu pengujian, studi wawancara dan observasi untuk memperkaya data-data yang telah diperoleh melalui dokumen. Studi pustaka dimaksudkan untuk melengkapi data-data yang diperoleh dari dokumen dan wawancara.

Dari analisis data penulis dapat menyimpulkan bahwa aktivitas pembuatan mebell ukir yang ada di Dukuh Danyung merupakan warisan budaya generasi sebelumnya. Latar belakang berdirinya industri kerajinan mebel ukir adalah semakin sempit dan tidak produktifnya lahan pertanian yang dimiliki penduduk dan sektor pertanian sudah tidak bisa diandalkan sepenuhnya yang berdampak pada menurunnya pendapatan petani. Menghadapi permasalahan tersebut maka sebagian penduduk mencari pekerjaan di luar sektor pertanian, seperti bekerja pada sektor kerajinan mebel ukir. Dalam perkembangannya industri kerajinan mebel ukir telah berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Perubahan tersebut dapat dilihat dari segi pendapatan ekonomi masyarakat yang semakin bertambah baik dan segi sosial adanya perubahan status sosial, hubungan sosial serta perubahan nilai sosial budaya. Meskipun dalam beberapa aspek kehidupan masyarakat mengalami perubahan, namun dalam keseharian tidak terjadi perubahan yang mencolok. Masyarakat tetap menyadari sebagai bagian dari warga desa yang menjunjung tinggi kerukunan dan kebersamaan.

Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi para pembaca, khususnya yang tertarik pada kajian sejarah sosial ekonomi dan semoga bermanfaat bagi para peneliti lain yang berminat mengkaji penelitian serupa dengan permasalahan yang berbeda.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Sayekti, M.Pd
2. Drs. Buchari S
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa