Penulis Utama : Fitria Puspasari
NIM / NIP : K5113028
×

ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal atau Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang siswa tunanetra kelas III di SLB Negeri Surakarta. Teknik pengumpulan data berupa tes isian singkat. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, disertai analisis visual grafik yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil analisis penelitian ini diperoleh rata-rata nilai subjek yaitu pada fase baseline 1 (A1) subjek mendapatkan skor rata-rata 40. Pada fase intervensi (B) nilai rata-rata subjek mengalami peningkatan yaitu mendapat skor 65. Sedangkan pada fase baseline 2 (A2) rata-rata nilai subjek yaitu 83,33. Adapun hasil analisis visual yang diperoleh pada setiap fase pengukuran baik pada fase baseline 1 (A1), intervensi (B), dan fase baseline 2 (A2) pada subjek memiliki tingkat kestabilan yang tinggi dan kecenderungan arah yang meningkat atau naik.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media blokjes berpengaruh terhadap pemahaman operasi hitung matematika pada anak tunanetra kelas III di SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : pengaruh, media blokjes, pemahaman operasi hitung matematika, anak tunanetra

 

 

 

×
Penulis Utama : Fitria Puspasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5113028
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Media Blokjes Terhadap Pemahaman Operasi Hitung Matematika pada Anak Tunanetra Kelas III SLB Negeri Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Khusus/Luar Biasa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Luar Biasa-K5113028-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hermawan, M.Si,
2. Sugini, S.Pd., M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.