Penulis Utama : Andri Nur Cahyo
NIM / NIP : S011502001
×

Batik fraktal merupakan alternatif pengembangan desain batik saat ini karena terdapat persamaan antara batik dengan visual fraktal. Perpaduan tradisi dan kemodernan dalam penciptaan batik fraktal dapat memberi warna terhadap proses kreatif yang berkelanjutan pada produk batik yang dihasilkan. Batik fraktal yang merupakan sebuah inovasi baru di dunia batik Nusantara yang berhasil memadukan komputasional digital dengan visualitas fraktal sebagai tonggak utama kerja desainnya, telah menghasilkan suatu perwujudan batik fraktal berbasis teknologi dan desain yang membawa pengaruh terhadap industri kreatif batik. Kemungkinan tersebut menimbulkan peluang untuk ditelaah lebih dalam lagi karena untuk mengungkap latar belakang dibalik terciptanya batik fraktal serta mencaritahu dan menganalisis bagaimana eksistensi dan peran/pengaruh batik fraktal dalam percaturan batik Nusantara dan industri kreatif pada umumya.

Penelitian ini dilakukan dalam wilayah seni dan desain dengan menggunakan metode analisis data kualitatif. Pendekatan kualitatif tepat untuk memberi peluang bagi upaya pemahaman dan penjelasan kualitatif atas batik fraktal secara lebih mendalam. Selain itu, metode kualitatif lebih mampu mendekatkan peneliti dengan objek batik fraktal yang dikaji. Ide pentingnya adalah bahwa peneliti berangkat ke lapangan untuk mengadakan pengamatan tentang fenomena keberadaan batik fraktal yang diteliti. Penelitian ini bersifat interpretatif kualitatif.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini ada tiga.Pertama, latar belakang kemunculan fenomena batik fraktal di tengah-tengah percaturan batik Nusantara disebabkan oleh dua faktor, yaitu karena penemuan adanya dimensi fraktal pada batik Nusantara tradisi dan pengembangan  software  jBatik  oleh  tim  Piksel  Indonesia. Kedua, perwujudan jenis dan bentuk batik fraktal terbagi ke dalam dua lini produk, yaitu software jBatik dan produk batik fraktal (fashion ready to wear, produk aksesoris fashion, dan produk pelengkap interior). Ketiga, implikasi batik fraktal terhadap konstelasi dan khasanah batik Nusantara adalah membuka peluang bahwa batik Nusantara dapat terus diolah dan dikembangkan dengan tetap mempertahankan  nilai-nilai  warisan tradisinya, namun juga beriringan dengan semangat jaman sekarang.Sedangkan implikasi batik fraktal terhadap perkembangan industri kreatif adalah terkait erat dengan Piksel Indonesia yang berhasil membawa batik Nusantara menjadi jauh lebih modern, adaptif, dan punya daya tawar tinggi dalam percaturan industri kreatif, baik lokal maupun global. Peranan Piksel Indonesia dan  produk batik fraktalnya adalah menjadi pelopor dan penerjemah yang menjembatani antara bidang teknologi digital, ilmu pengetahuan, dan batik Nusantara dalam proporsi yang tepat dalam menghadapi era industri kreatif.

Kata Kunci: Batik Nusantara, Batik Fraktal, Piksel Indonesia, Industri Kreatif.

×
Penulis Utama : Andri Nur Cahyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S011502001
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh batik fraktal dalam perkembangan batik nusantara dan industri kreatif
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Prodi. Magister Seni Rupa- S011502001-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nanang Rizali, M.SD.
2. Dr. Nooryan Bahari, M.Sn.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.