Penulis Utama : Ragil Tri Yuliana Wilujeng
NIM / NIP : K8413064
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Karanganyar pada mata pelajaran Sosiologi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Karanganyar sebanyak 32 siswa. Sumber data berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik utama dalam pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sementara teknik pendukung dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik uji validitas yang digunakan adalah trianggulasi metode dan validitas isi.  Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti pada siklus I dan siklus II keaktifan dan hasil belajar siswa terus meningkat. Sebelum diterapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) nilai rata-rata kelas adalah 76,59. Sedangkan keaktifan siswa pada aspek aktivitas visual 40,62%, aktivitas lisan 36,12%, aktivitas mendengarkan 39,84%, aktivitas mental 39,84%. Pada siklus I hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 78,31. Sedangkan keaktifan siswa pada aspek aktivitas visual 57,03%, aktivitas lisan 55,86%, aktivitas mendengarkan 56,64%, aktivitas mental 62,49%. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu dengan nilai rata-rata 80,43. Sedangkan keaktifan siswa pada aspek aktivitas visual 76,56%, aktivitas lisan 76,56%, aktivitas mendengarkan 77,73%, aktivitas menulis 78,51%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi.
 
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Numbered Head Together (NHT), Keaktifan dan Hasil Belajar.

×
Penulis Utama : Ragil Tri Yuliana Wilujeng
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8413064
Tahun : 2017
Judul : Penerapan model pembelajaran cooperaive learning tipe numbered head together (NHT) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP. Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K8413064-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Atik Catur Budiati, S.Sos, MA.
2. Siany Indria Liestyasari, S.Ant, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.