Penulis Utama : Maretha Cikal Setiani
NIM / NIP : K8113049
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positive reinforcement  terhadap self efficacy akademik dan gender anak usia dini. Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis true experiment  tipe two independent experiment control group design  dengan sampel sejumlah 46 anak yang menggunakan teknik random assigment dalam pengambilan sampel. 

Teknik pengumpulan data menggukan skala yang mengacu pada The children Self Efficacy for Academic Achievement Scale Zimmerman, Bandura and Matinez-Pons sedangkan analisis data menggunakan statistik parametrik setelah data dinyatakan normal dan homogen dengan taraf signifikansi > 0,05. Uji hipotesis menggunakan t-test dengan SPSS 15 for windows.  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa positive reinforcement memberikan pengaruh terhadap self efficacy akademik dan gender anak usia dini. Hal tersebut dibuktikan dari hasil posttest kelompok eksperimen yang memiliki perbedaan signifikan bila dibandingkan dengan hasil posttest  kelompok kontrol dan rata-rata hasil posttest anak perempuan lebih besar daripada hasil rata-rata posttest anak laki-laki.  Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dari penerapan positive reinforcement  terhadap self efficacy akademik dan gender

anak usia dini.

Kata Kunci : positive reinforcement, self efficacy akademik, gender

×
Penulis Utama : Maretha Cikal Setiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113049
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Positive Reinforcement terhadap Self Efficacy akademik dan gender anak usia dini
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG PAUD-K8113049 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Wahyuningsih, M.Pd.
2. Muhammad. Munif S., S.PdI., M. A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.