Penulis Utama : Rizky Indah Normani
NIM / NIP : K8113071
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media flip chart dengan kotak alfabet terhadap kemampuan mengenal huruf.
Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Quasi eksperimental design dengan desain Nonequivalent Control Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 22 anak kelompok A2 usia 4-5 tahun sebagai kelompok eksperimen dan 22 anak kelompok A1 usia 4-5 tahun sebagai kelompok kontrol pada TK „Aisyiyah Sinar Fajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Validitas instrumen menggunakan Product Momen Pearson Correlation. Analisis data pada penelitian ini menggunakan independent samplet-test dan paired sample t-test dengan SPSS15 for windows.
Hasil analisis data menunjukkan, terdapat pengaruh media flip chart dengan kotak alfabet terhadap kemampuan mengenal huruf. Pada penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Tk „Aisyah Sinar Fajar masing-masing anak menjadi tau tentang nama, bunyi dan bentuk dari masing-masing huruf seperti huruf vokal a, i, u, e, o dan huruf konsonan b, d, l, k, m, n, s. Anak bisa menyebutkan nama huruf, bisa mengindentifikasi huruf berdasarkan bunyi huruf dan bisa membedakan bentuk-bentuk huruf vokal dan huruf konsonan. Anak semakin mudah memahami setiap huruf dengan baik sehingga anak menjadi mengetahui akan konsep huruf dan mengerti bahwa huruf vokal dan huruf konsonan dapat menbentuk sebuah kata. Hasi analisis data menunjukkan rata-rata pretest pada kelompok eksperimen sebesar 40,18 sedangkan, pada rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 45,06 sehingga terjadi peningkatan sebesar 4.88, serta analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,000 dimana dasar pengambilan keputusan jika nilai signifikansi ?< 0>Kata kunci:Flip Chart, Kotak Alfabet, Kemampuan mengenal huruf usia 4-5 tahun.

 

×
Penulis Utama : Rizky Indah Normani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113071
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh media Flip Chart dengan kotak alfabet terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PG PAUD-K8113071-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yudianto Sujana, S.Kom., M.Kom.
2. Nurul Kusuma Dewi, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.